Kepopuleran produk hardisk mekanis Western Digital di pasaran beberapa waktu ini tampaknya bakal membuka jalan masuk bagi berbagai produk solid state drive (SSD) andalannya. Hal ini setidaknya terlihat dengan keseriusan pabrikan storage tersebut dalam memboyong sejumlah produk anyar SSD paling barunya ke ajang Consumer Electronics Show di Las Vegas, termasuk My Passport Wireless SSD dengan merek sendiri, dan Extreme Portable SSD dengan label SanDisk-nya, yang dibeli pada tahun 2015 silam seharga $ 19 miliar.

Menariknya, WD menyodorkan kedua produk andalannya tersebut ke kalangan “fotografer avid dan penggemar drone” yang membutuhkan solusi capture media tahan lama dan berkinerja tinggi. Dimulai dengan My Passport Wireless SSD, tersedia dalam kapasitas 250GB ($ 229,99), 500GB ($ 299,99), 1TB ($ 499,99), dan 2TB ($ 799,99). Masing-masing menyimpan SSD di dalam sasis tahan goncangan dengan bumper pelindung. Menurut WD, SSD tersebut dapat bertahan terhadap goncangan, getaran, dan benturan akibat terjatuh pada ketinggian hingga 1 meter (yang telah diuji di lantai beton berkarpet) saat dioperasikan.

My Passport Wireless SSD menghadirkan pembaca kartu SD built-in dengan tombol sekali sentuh. Tak hanya itu saja, SSD hebat ini juga telah dilengkapi dengan port USB 3.0 untuk mentransfer file ke dan dari PC, menstreaming video dan foto 4K nirkabel, menawarkan dukungan preview file RAW, dan memiliki power bank built-in untuk mengisi daya perangkat seluler.

Sedangkan untuk SanDisk Extreme Portable SSD, lebih ditujukan penyimpanan cepat untuk berbagai foto dan video beresolusi tinggi. Muncul dalam pilihan kapasitas yang sama, SanDisk Extreme Portable SSD dibanderol dengan harga $ 99,99 untuk model 250GB, $ 169,99 untuk model 500GB, $ 349,99 untuk model 1TB, dan $ 699,99 untuk model 2TB.

Setiap kapasitas memiliki kecepatan baca hingga 550MB/s, melalui USB 3.1 Gen 2. Selain kompak, itu, semua model yang ada juga menyandang sertifikat IP55 yang membuatnya tahan air dan debu, tahan goncangan (sampai 1500G) dan tahan getaran, dan tahan terhapa temperatur ekstrim mulai dari 32F (0°C) sampai 113F (45°C).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here