Persaingan perangkat komputer dalam ukuran yang mungil atau biasa kita kenal dengan mini PC, memang sedang gencar diluncurkan oleh beberapa produsen ternama. Ada yang diperuntukkan untuk kegiatan kantoran yang ringan, bahkan ada juga mini PC yang diperuntukkan gamer, seperti buatan Zotac ZBox Magnus.

liva-z_01

ECS pun tak mau ketinggalan momen yang sedang ramai ini, dengan memperkenalkan produk mini PC terbarunya yang bernama Liva Z. Ukurannya terbilang mungil untuk sebuah mini PC karena memiliki dimensi panjang 5 inci, lebar 4,6 inci dan ketebalan 1,3 inci saja. Dengan dimensi tersebut, diduga ECS mendesain komputer mungil ini dengan sebuah pendingin tanpa kipas alias fanless.

Pihak ECS mengatakan bahwa Liva Z bakal menjadi komputer yang hening, namun performanya dapat diandalkan. Hal tersebut pun dibuktikan dengan kemampuannya yang mampu menampilkan output hingga resolusi 4K.

liva-z_03

Prosesor yang diusung pun menggunakan besutan Intel yang terbaru Apollo Lake. Meski ECS tidak menyebutkan secara jelas prosesor seri apa yang digunakan, mereka hanya mengatakan bahwa nantinya ada dua varian yang menggunakan prosesor dengan daya 6 Watt dan 10 Watt. Dari dugaan pun bisa ditebak bahwa kedua prosesor tersebut adalah Intel Celeron dual core dan Intel Pentium quad core.

Soal penyimpanan pun tergolong fleksibel karena dapat menggunakan eMMC ataupun menggunakan SSD. ECS juga menyematkan dua buah slot SO-DIMM yang dapat ditandem dengan RAM DDR3L hingga kapasitas 8GB. Tak ketinggalan juga ada dua buah port Gigabit Ethernet, tiga buah port USB 3.0 dan sebuah port USB 3.0 tipe C, dan jack audio 3.5mm.

liva-z_04

Untuk koneksinya pun terdapat WiFi 802.11ac dan Bluetooth 4.0. Lalu untuk output visual, ECS menyematkan dua buah port, yang masing-masing adalah HDMI dan mini DisplayPort.

Soal perilisan kabarnya ECS bakal memasarkannya dalam waktu dekat. Sayangnya untuk harganya masih belum diketahui berapa. Namun perkiraan kami akan berada pada angka 2 juta Rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here