Era komputer dengan ukuran yang kecil memang sedang digandrungi oleh konsumen. Sudah banyak produsen yang menawarkan produk komputer kecil alias mini PC, namun performanya pun bisa dikatakan hampir sama dengan perangkat komputer pada umumnya.

Kali ini giliran ECS yang meluncurkan produk mini PC mereka dengan nama mPC Mini Gen2. Komputer kecil dari ECS ini pun bentuknya hampir sama dengan kebanyakan perangkat komputer kecil yang ada di pasaran.

ecs-mpc-gen2-1

Ini pun merupakan generasi kedua dari mPC Mini, dimana ECS telah meluncurkannya pada tahun lalu dengan menggunakan prosesor Intel Celeron Bay Trail, yang memiliki asupan daya hanya 7,5 Watt saja. Sedangkan pada generasi sekarang ini ECS melakukan penyegaran dengan mengusung prosesor Intel Skylake, mulai dari jajaran Core i3, Core i5 dan Core i7 yang memiliki TDP 15 Watt.

Jajaran prosesor yang digunakan oleh ECS pada komputer kecil ini ada empat jenis, yakni Intel Core i7 6650U, Core i5 6260U, Core i3 6100U, serta Celeron 3955U.

mPC Mini Gen2 ini juga telah mendukung penggunaan RAM dengan jenis DDR4 hingga kapasitas 32GB. Urusan penyimpanan komputer kecil ini bisa menggunakan SSD pada slot M.2 SATA ataupun menggunakan hard disk konvensional berukuran 2,5 inci.

ecs-mpc-gen2-0

Lalu ada juga port yang lengkap, seperti sebuah port USB 3.1 dan sebuah port USB tipe C. Sedangkan untuk ouput layarnya bisa menggunakan port HDMI 1.4b atau Mini DisplayPort 1.2. Kemudian yang tidak ketinggalan adalah port Gigabit Ethernet, jack untuk headphone dan mikrofon, serta penangkap sinyal inframerah.

ECS pun juga mengusung desain semi modular pada mPC Mini Gen2 ini, dimana paga bagian atas komputer ini dapat dilepas dan dipasangi dengan pengisi daya secara nirkabel (wireless charging), atau memasangnya dengan chip NFC.

Sayangnya ECS belum memberikan informasi mengenai kapan komputer mPC Mini Gen2 ini tersedia di pasaran. Begitu juga dengan harganya, ECS masih belum mengungkapkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here