Enam orang mantan pegawai Nokia yang tergabung dalam Jolla Mobile, berencana untuk membangun sistem operasi mobile baru. Sistem operasi terbaru tersebut dibangun dengan berdasarkan OS Meego. Hal ini pun sedikit memperpanjang napas OS Meego setelah beberapa waktu lalu Nokia secara resmi menyatakan telah berpisah dengan OS Meego.

Jukka Eklund yang merupakan salah satu anggota dari Jolla Mobile mengatakan bahwa pihaknya akan membangun sistem operasi smartphone baru yang berbasiskan pada MeeGo. Selain itu, OS tersebut akan memiliki UI tersendiri yang bakal membedakan OS baru itu dengan produk lain. Berbekal pengalaman sebagai Meego Product Manager selama di Nokia, Eklund tentu saja memiliki pengalaman serta pengetahuan yang banyak tentang MeeGo.

Selain Eklund, tokoh-tokoh lain yang menjadi anggota Jolla Mobile pun tak kalah kompeten. Pada pucuk pimpinan, terdapat nama Marc Dillon. Dillon merupakan tokoh engineer di balik pengembangan MeeGo di Nokia hingga Mei 2012. Selain itu, terdapat juga seorang bernama Marko Saukko yang merupakan salah satu petugas inti dalam Mer Project, sebuah distro linux yang khusus untuk perangkat mobile. Untuk memberi warna lain, Jolla Mobile juga dianggotai oleh beberapa orang dari Intel.

Eklun mengatakan bahwa tak menutup kemungkinan jika OS ataupun aplikasi yang dikembangkan oleh Jolla Mobile tersebut adalah open source. Namun, untuk informasi detail tentang produknya, akan dijabarkan pada beberapa minggu ke depan. Saat ini mereka tengah mengembangkan produk pertamanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here