Prosesor elbrus-8c Rusia
Prosesor elbrus-8c Rusia

Selama ini produsen atau penghasil chip biasa berasal dari Amerika Serikat, Taiwan, Korea Selatan, Jepang atau akhir-akhir ini dari negara Cina, tapi mungkin tidak pernah terdengar sebelumnya prosesor yang berasal dari Rusia. Tapi ternyata diam-diam pada awal tahun 2014 ini Moscow Center of SPARC Technologies (MCST) meluncurkan prosesor 8 core pertama bernama Elbrus-8C dengan topology 28 nm, arsitektur 64-bit, clock speed 1.3 GHz serta memiliki kemampuan komputasi 250 GFlops.

Prosesor elbrus-8c Rusia
Prosesor Elbrus-8c Rusia

Sebenarnya prosesor ini telah dikembangkan sejak tahun 2011 yang merupakan misi dari Kementerian Industri dari Perdagangan Rusia yang menginvestasikan sampai 24.4 juta USD dalam proyek ini.  Kemungkinan chip ini akan diproduksi di akhir 2014 sebanyak 300 buah dan akan digunakan pada server, workstation, dan perangkat telekomunikasi.

MCST sang produsen berharap mendapatkan konsumen dari produsen komputer Rusia dalam negeri. Sayangnya harga prosesor ini termasuk mahal yaitu sekitar 3000 USD dan kemampuan produksinya pun terbatas.

Bahkan MCST tidak berhenti di sini saja tapi telah mendapatkan kontrak dari kementerian Rusia untuk mengembangkan prosesor 64 bit EL-16C yang memiliki 16 core dengan proses manufaktur 20 nm dan kemungkinan akan diproduksi pada November 2018.

Server yang menggunakan 4 prosesor ini bisa memiliki performa 1 teraflop dan sangat penting bagi Rusia karena mereka telah mendapatkan sanksi perdagangan dari Amerika dan mereka kuatir akan soal keamanan dari produk-produk elektronik yang diimpor dari luar negeri terkait penyadapan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here