Brand HP dari dulu dikenal sebagai penguasa pasar PC dunia, namun sejak tahun 2013 posisinya digeser oleh Lenovo hingga tahun-tahun berikutnya. Namun kini HP berhasil melengserkan Lenovo dan menjadi brand dengan pangsa pasar PC terbesar di dunia setelah empat tahun diduduki oleh Lenovo.

HPp62005UK2._V165305585_

Hal tersebut diketahui dari laporan lembaga riset pasar IDC (via Business Insider) yang mengungkap perubahan kondisi pangsa pasar PC dunia saat ini. Diketahui bahwa kuartal pertama tahun ini, HP memiliki pangsa pasar PC terbesar di dunia dengan angka 21,8%, sementara Lenovo kini berada di posisi kedua dengan angka 20,4%. Untuk posisi ketiga dan keempat ditempati oleh Dell dan Apple yang masing-masing memiliki angka 15,9% dan 7%. Sementara untuk posisi kelima ditempati oleh Acer dengan angka 6,8%.

Namun kondisi pasar PC sendiri saat ini menujukkan angka peningkatan yang sangat kecil. Pada kuartal pertama tahun 2017, IDC mencatat bahwa pengiriman PC ke seluruh dunia mencapai angka 60.328.000 unit, yang berarti hanya naik sebesar 0,6% dari tahun lalu. Angka pertumbuhan tersebut sekaligus mematahkan prediksi yang mengatakan jika kuartal pertama tahun ini akan ada penurunan sebesar 1,8%.

Namun ada hal yang perlu dicatat bahwa angka pertumbuhan yang dirilis oleh IDC menyertakan laptop Google Chromebook yang diduga memberikan andil dalam peningkatan kecil ini. Hal yang berbeda muncul dari laporan riset pasar lain, yakni Gartner yang menyebutkan bahwa pasar PC pada kuartal pertama tahun ini mengalami penurunan sebesar 2,4% year on year, dimana pada perhitungan oleh Gartner tidak menyertakan Google Chromebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here