Masih ingatkan dengan aplikasi PPSSPP? Ya, aplikasi emulator PSP gratis ini memang sangat populer di kalangan pecinta game, terutama game PSP. Bagi pecinta game PSP bisa menggunakan aplikasi ini pada smartphone maupun PC, dan tak perlu lagi memiliki konsol PSP.

ppsspp-the-best-free-psp-emulator-gets-64-bit-android-support-in-version-1-2-500406-2

Pada tanggal 14 Februari lalu, pengembang aplikasi tersebut telah menggulirkan versi 1.2 pada semua platform yang didukung dengan aplikasi tersebut. Menurut changelog penginstalan, PPSSPP 1.2 adalah satu lagi rilis besar proyek, membawa banyak sekali perbaikan. Sebagian besar perbaikan untuk masalah yang dilaporkan oleh pengguna sejak 1.1 build sebelumnya dari perangkat lunak open-source.

Sorotan utama pada peningkatan build tersebut salah satunya adalah dukungan 64-bit (x86_64) untuk Android, cache RAM ISO lebih cepat, Adhoc port offset, dukungan audio reverb, 5xBR upscaling pada GPU, solusi untuk crash ARM64 JIT, dan kembalinya pengaturan volume.

Selain itu, pembaruan juga membuka jalan bagi dukungan untuk API grafis tambahan (Application Programming Interfaces), rilis PPSSPP 1.2 juga mencakup dukungan untuk game Sora no Edition Kiseki Kai HD, dan perbaikan minor antarmuka, seperti kontrol slider yang lebih baik.

Selanjutnya, audio decoding sceAtrac telah menerima beberapa perhatian dalam PPSSPP versi 1.2, yakni memperbaiki beberapa masalah “hang musik”. Kemudian, pemutaran video stream yang memiliki audio mono telah diperbaiki, dan speedhack UV prescale lebih handal.

Hal-hal seperti manajemen FBO, penggunaan stencil, depth buffer, dan multithreaded audio mixing juga menerima perbaikan. Ada juga dukungan untuk otomatis menyembunyikan kontrol pad di layar setelah beberapa menit dari waktu siaga.

Selain semua hal tersebut, yang tak terlewatkan dari PPSSPP versi 1.2 adalah adanya UI baru (User Interface) yang menjanjikan untuk memungkinkan pengguna bergerak di sekitar layar PSP pada layar yang lebih besar, bersama dengan dukungan untuk fungsi render-to-CLUT yang digunakan oleh beberapa game PSP untuk memodifikasi warna dari beberapa monster.

Selain itu, ada juga penambahan beberapa tombol kustom untuk menekan beberapa tombol PSP, perbaikan di sektor jeroan seperti perbaikan crash FFmpeg dan gangguan lain. Ada juga penambahan cache shader GLSL untuk mengurangi lag atau frame skrip dalam game, demikian seperti yang dikutip dari Softpedia, Senin (15/2/2016).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here