Estonia mungkin bukan negara maju yang memiliki pendapatan melimpah ataupun wilayah yang luas. Namun, untuk masalah Internet, negara yang satu ini mampu mengalahkan negara-negara maju di dunia. Dalam sebuah laporan terbaru, Estonia dikatakan memiliki kebebasan internet nomor satu di dunia.

Negara yang terletak di kawasan Eropa Utara ini memiliki tingkat aksesibilitas yang tinggi, yang mampu mengalahkan negara maju seperti Amerika Serikat. Di negara ini, total terdapat 200 unit WiFi hotspot dengan kecepatan yang tinggi. Hotspot-hotspot tersebut pun bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sangat mudah dan yang terpenting, gratis.

Tak hanya itu, terdapat empat poin penting yang membuat akses dan fungsi internet di negara ini mampu mengalahkan Amerika Serikat, terutama dalam hal transparansi. Yang pertama, warga Estonia dapat menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan umum secara voting. Bahkan dalam pemilihan umum terakhir, terdapat 25 persen warga yang memanfaatkan hal tersebut. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan Swedia, Latvia dan Swiss yang juga memperbolehkan penggunaan hak suara secara online.

Selain itu, warga Estonia juga bisa mengakses catatan kesehatan mereka secara online. Pemerintah Estonia juga memungkinkan orang tua untuk mengakses hasil tes ujian sekolah anak-anaknya secara langsung melalui internet. Bahkan tak hanya tes, mereka juga bisa melihat aktivitas keseharian maupun pekerjaan rumah anaknya.

Yang terakhir, warga Estonia hanya membutuhkan waktu 18 menit untuk membuat sebuah bisnis online. Hal ni menunjukkan betapa cepat akses internet yang dimiliki oleh negara yang satu ini.

(Via TechCrunch)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here