You are currently viewing Evertoon, Cara Mudah Membuat Video Kartun 3D Lucu Menggunakan Smartphone
Evertoon mobile apps

Menonton film animasi 3D memang sangat menghibur, karena banyak dari film animasi 3D memiliki karakter pemain lucu dan menarik. Namun bagaimana jika kita dimungkinkan membuat animasi 3D yang lucu dengan menggunakan smartphone? Bukan tidak mungkin, hal tersebut ternyata bisa kita lakukan hanya bermodal smartphone.

Evertoon mobile apps
Evertoon

Mulanya, Niniane Wang yang merupakan pendiri dan CEO Evertoon sedang menonton video yang populer di YouTube dengan judul “iPhone 4 vs. HTC EVO”, yang menampilkan dua animasi lucu sedang berdialog. Ia merasa bahwa video tersebut masih dapat disesuaikan dan dapat lebih personal.

Hal itu lah yang memacu idenya untuk memulai Evertoon, yakni aplikasi yang baru saja meluncur di mana aplikasi akan membantu untuk membuat pendek, film pribadi yang mana pengguna dapat membagikannya ke sosial media seperti YouTube atau Twitter. Film-film yang dihasilkan memiliki kemiripan seperti video iPhone vs Evo, tapi bisa jauh lebih aktif dan hidup ketimbang hanya dua karakter yang hanya bisa duduk dan berbicara.

“Aku selalu tertarik pada Pixar, tapi begitu sulit dan jauh dari jangkauan dalam hal membuat film, tetapi saya memiliki cerita yang ingin saya beri tahu,” kata Wang seperti yang dikutip dari Techcrunch, (3/3/2016).

Pengguna dapat mengupload foto mereka dan meletakkannya pada sebuah avatar hingga menjadi sebuah karakter diri sendiri. Kemudian pengguna dapat memulai koreo atau gerakan pada avatar dengan cara mengetikkan emoji-emoji yang ekspresif untuk memulai suatu gerakan.

Sebagai contoh, emoji thumbs up akan membuat avatar memberikan acungan jempol kepada lawan bicara, dan emoji tinju membuat mereka memukul satu sama lain. Kemudian pengguna dapat mengupload foto background atau latar belakang dan kemudian merekam suara untuk diterapkan pada video.

“Awalnya saya meminta orang untuk mengetikkan kata, dan kemudian seseorang berkata, ‘mengapa Anda tidak menyuruh orang melakukan itu dengan emoji. Orang-orang lebih suka emoji, ‘ ” kata Wang.

Semua ini dilakukan melalui antarmuka mobile, sehingga mudah untuk melakukan hal secara bersama-sama seperti membuat film dan kemudian berbagi di jejaring sosial seperti YouTube dengan cepat. Tujuannya adalah untuk membuatnya merasa seperti iMessage, dengan proses menempatkan di emoji dan merekam suara, Wang mengatakan, membuat antarmuka terasa familiar dan lebih mudah digunakan.

Hal ini juga akan menandingi versi ultra-simplified dari Flash Shockwave yang mana software ini juga ditujukan untuk membuat animasi dengan cara sederhana, namun akhirnya malah terasa lebih sulit. Wang mengatakan dia ingin sesuatu yang jauh lebih sederhana daripada Flash, sehingga akan membebaskan pengguna dari kekhawatiran tentang hal-hal kompleks seperti sudut kamera dan perencanaan yang cermat.

Sebenarnya ada tools moderen lainnya untuk membuat film animasi pendek seperti Evertoon, yakni Source Filmmaker. Tapi sekali lagi, tools tersebut dapat menjadi kompleks, dan tujuan Evertoon adalah menjadi cepat, ringan dan sederhana, kata. Selain itu, Source Filmmaker merupakan bagian dari inspirasi untuk Evertoon, katanya, baik dalam arti bahwa dia ingin bisa melakukan sesuatu yang serupa tapi dengan cara yang lebih mudah.

Reza Hendrawan

Penulis artikel junior yang memulai karir sebagai penulis di Berita Teknologi. Pengguna Android yang lebih suka membahas tentang perangkat mobile, aplikasi mobile, game dan gadget terbaru tentunya. Salam Tekno!

Leave a Reply