Meski sudah satu tahun lamanya, kartu grafis alias VGA card dari Nvidia GeForce seri GTX 900 mendapatkan penyegaran baru. Tidak hanya dari segi jeroan saja, namun beberapa vendor juga meracik agar GeForce GTX seri 900 ini nampak garang dan menarik.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu vendor kartu grafis ternama, EVGA, yang baru saja merilis varian terbaru dari GeForce GTX 970. Demi melengkapi lini kartu grafisnya, EVGA memberikan pemanis berupa closed loop water cooling, alias pendingin air.

970-hybrid-0

Dikutip dari Maximum PC, Kamis (10/12/2015), lini baru dari EVGA untuk varian GeForce GTX 970 ini memberikan sedikit peningkatan base clock dan boost clocknya, dibandingkan dengan kecepatan GeForce GTX 970 dari Nvidia sendiri. Kartu grafis ini memiliki base clock sebesar 1.140MHz dan boost clock 1.279MHz.

Meski bukanlah yang tercepat, dipastikan kartu grafis ini dapat melesat lebih kencang dengan melakukan overclock, mengingat pendingin yang digunakan pada EVGA GeForce GTX 970 Hybrid adalah pendingin air. Tidak hanya itu, EVGA sendiri mengatakan bahwa pada saat dikondisi full load, kartu grafis ini tidak akan menyentuh angka 60 derajat celsius.

970-hybrid-01

Radiator yang digunakan dapat dipasang pada tempat kipas berukuran 12cm, sehingga butuh ruang ekstra untuk dapat menggunakan kartu grafis ini. GeForce GTX 970 Hybrid ini juga menggunakan power pin dari PSU sebanyak 2x 6 pin. Soal harga, EVGA mematok harga jauh lebih tinggi dibanding kompetitornya, bahkan bisa dikatakan versi GeForce GTX 970 termahal dibanding varian GeForce GTX 970 dari EVGA, yaitu sekitar 400 USD atau sekitar 5,5 juta Rupiah.

(ND/Maximum PC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here