Meski prosesor Intel generasi ke-6, Skylake, telah rilis di pasaran sekitar setengah tahun yang lalu, masih banyak produsen yang merilis beberapa motherboard terbaru untuk prosesor yang memiliki Integrated Graphics Processor (IGP) Iris Pro ini. Seperti salah satunya yang kali ini merilis motherboard terbaru untuk prosesor Intel Skylake adalah EVGA.

Dikutip dari Hexus, Sabtu (16/1/2016), EVGA baru saja merilis motherboard dengan nama Z170 Classified K. Bisa dilihat dari namanya bahwa motherboard ini mengusung chipset Z170 yang merupakan chipset tertinggi untuk motherboard kalangan mainstream. Yang menarik, EVGA mengatakan bahwa motherboard ini dirancang untuk mendominasi karena dilengkapi dengan fitur overclocking mumpuni.

evga-classified-k-0

Berbekal 4 slot DIMM, EVGA Z170 Classified K ini mampu menampung RAM hingga 64GB dengan jenis RAM DDR4. Bahkan slot DIMM ini mampu membaca memori dengan kecepatan 3.600MHz+. Untuk menampung VGA card, terdapat 2 slot PCIe yang telah mendukung 2 Way SLI atau Cross Fire dan sebuah slot untuk kartu PhysX dengan lajur 16x.

Sebenarnya, motherboard ini ada dua versi, tanpa akhiran K dan dengan akhiran K seperti yang kita bahas ini. Namun pada versi K ini telah menggunakan Killer Ethernet, E2400 NIC yang mana kita tahu juga digunakan pada motherboard gaming dari vendor MSI. Terdapat juga dua chip BIOS yang mana kita dapat menggantinya bila salah satu BIOS gagal booting karena gagal overclock.

evga-classified-k-01

Berbekal 8 channel HD Audio dari Realtek ALC1150, EVGA Z170 Classified K ini juga dibekali beberapa port I/O seperti 2 buah port USB 3.1, 6 buah port USB 3.0, dan 2 buah port USB 2.0. Sedangkan untuk hard disk dan SSD, ada 8 port SATA III yang mana satu diantaranya adalah port SATA Express, serta 3 slot M.2. Pada motherboard ini juga mendukung konfigurasi RAID 0, 1, 5 dan 10.

Motherboard ini sudah tersedia pada situs resmi EVGA, dan dibanderol dengan harga 289,99 USD atau sekitar 4,1 juta Rupiah.

(ND/Hexus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here