Robot humanoid kini semakin banyak bermunculan. Bahkan banyak diantara para analis yang memperkirakan bahwa tugas para pekerja seks komersial nantinya akan digantikan oleh robot –robot. Dan yang terbaru adalah hadirnya robot yang dinamai FACE, sebuah robot humanoid wanita yang bisa melakukan beragam ekspresi wajah seperti wajah manusia pada umumnya.

Robot yang dikembangkan oleh Nicole Lazzeri dan timnya ini dibekali dengan kurang lebih 32 motor di sekitar tengkorak dan dada sehingga memungkinkannya untuk melakukan aktivitas otot seperti otot manusia asli.

Untuk dapat menciptakan sebanyak mungkin ekspresi wajah dengan hanya 32 motor, Lazzeri membuat program yang dinamakan HEFES (Hybrid Engine for Facial Expressions Synthesis, yang merupakan sebuah program yang berfungsi untuk mengontrol motor yang ada dalam FACE.

HEFES mengacu pada Facial Action Coding System yang mendaftar bagaimana emosi tertentu akan dicapai dalam gerakan otot. HEFES memungkinkan operator untuk memilih ekspresi untuk FACE antara klasifikasi emosi dasar yang mudah, seperti takut, marah, jijik, terkejut, bahagia dan bahkan ekspresi sedih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here