Jejaring sosial Facebook kembali melakukan sebuah proses akuisisi cukup besar. Setelah beberapa waktu lalu membeli aplikasi messenger WhatsApp, kini mereka telah mengakuisisi produsen headset berteknologi virtual reality Oculus Rift. Untuk mengakuisisi Oculus VR senilai 2 miliar USD atau setara 22,784 triliun rupiah.

oculus rift

Biaya 22,784 trilun rupiah yang dikeluarkan Facebook tersebut pun termasuk di antaranya adalah uang tunai sebesar 400 juta USD serta 23,1 juta lembar saham Facebook. Pihak Facebook menjelaskan kalau proses akuisisi ini dilakukan untuk melakukan potensi ekspansi secara vertikal, termasuk di antaranya dalam hal komunikasi, media, entertainment serta edukasi. Namun pihak Facebook juga tetap mempertahankan potensi perusahaan di segmen game.

“Mobile adalah platform saat ini, dan sekarang kami siap untuk platform di masa datang. Oculus memiliki kesempatan untuk menciptakan platform yang paling sosial sepanjang sejarah dan mengubah cara kita bekerja, bermain serta berkomunikasi,” ujar CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Saat ini, teknologi virtual reality yang dikembangkan Oculus VR pada headset Oculus Rift memang tengah menghangat. Para perusahaan teknologi dunia pun beramai-ramai mengikuti langkah Oculus dalam menggunakan teknologi tersebut. Termasuk adalah Sony dan Microsoft yang tertarik untuk menyematkan teknologi tersebut dalam konsol game miliknya.

via Neowin