Bagi produsen smartphone besar seperti Samsung, Apple, dan Huawei masuk akal jika mereka berniat untuk mengembangkan chipset milik mereka sendiri yang digunakan untuk smartphone miliknya ketimbang harus memasok chipset dari perusahaan lain. Namun bagi perusahaan sosial media seperti Facebook, tampaknya cukup aneh jika mereka berniat untuk mengembangkan chipset miliknya sendiri.

Menurut laporan Bloomberg, baru-baru ini perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu dikabarkan tengah menyusun sebuah tim yang tugasnya untuk merancang semikondiktor milik mereka. Hal ini didasarkan pada daftar pekerjaan yang memanggil manajerĀ end-to-end SoC/ASIC, firmware dan organisasi pengembangan driver. Namun dikatakan bahwa upaya ini masih dalam tahap awal.

Saat ini belum jelas apa tujuan dari upaya ini. Sejauh ini Facebook memang telah membuat hardware, namun mereka tidak membuatnya sendiri. Facebook beberapa kali telah menjalin kemitraan dengan perusahaan lain, seperti HTC untuk membuat smartphone Facebook pertama. Mungkin Facebook ingin memiliki cabang bisnis lain untuk menambah pendapatan atau mungkin mereka memiliki rencana yang lebih besar.

Dalam hal apa pun saat ini mungkin agak terlalu dini untuk mengatakan apa yang telah direncanakan Facebook, terlepas dari rencana perusahaan, kita berharap perusahaan segera mengungkap rencana mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here