Seperti halnya Google dengan Project Loon, Facebook juga berambisi untuk menyebarkan akses internet ke seluruh dunia. Namun kalau Google menggunakan balon udara, lain halnya dengan Facebook. Mereka pun memilih untuk memakai pesawat bertenaga surya yang bernama Aquila.
aquila facebook
Pesawat tersebut digunakan untuk area yang tak mempunyai infrastruktur akses internet. Baik infrastruktur berupa kabel, jaringan telepon ataupun BTS. Dan pesawat tersebut pun bisa terbang di angkasa selama 90 hari nonstop.

Pesawat Aquila ini pun selanjutnya akan memancarkan sinar laser dari ketinggian 60 ribu hingga 90 ribu kaki di atas permukaan laut. Dengan sinar laser tersebut, maka sebuah receiver kecil di permukaan tanah bakal bisa memberikan akses internet berkecepatan 10Gbps.

Namun hal ini bukan berarti akses internet yang disediakan di daerah terpencil tersebut disediakan oleh Facebook. Mereka hanya ingin menyediakan infrastrukturnya, sementara untuk akses internetnya diharapkan bakal disediakan oleh pihak lain. Sebagai contohnya adalah proyek Internet.org di Indonesia yang menggandeng Indosat.

via Liliputing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here