Terinspirasi dengan kesuksesan GoFundMe, raksasa penyedia layanan Facebook baru-baru ini telah memperkenalkan fitur terbaru yang memungkinkan penggunanya bisa menggalang dana untuk keperluan pribadi, seperti untuk diri sendiri, teman ataupun seseorang yang sangat dipedulikannya.
facebook donasi
Hadir dengan tools non profit-nya, pengguna Facebook kini dapat menggalang dana pribadi sendiri untuk kategori keperluan awal seperti biaya pendidikan, tagihan medis, tagihan medis hewan peliharaan, bantuan krisis dan bencana, darurat pribadi, dan bantuan pemakaman/kematian.

Facebook sendiri mengharuskan semua penggalang dananya untuk terlebih dulu melalui proses review 24 jam dan juga menambahkan kategori keperluan baru lainnya yang belum disebutkan. Tapi sayangnya, sistem penggalang dana pribadi yang telah memasuki tahapan beta ini, kabarnya hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang tinggal di wilayah Amerika SerikatĀ  saja sejauh ini.

Penggalang dana dapat membuat sebuah halaman Facebook khusus dengan informasi tentang pengumpulan dana, menetapkan tujuan sumbangan dan menerima uang melalui situs. Orang-orang yang hanya sebagai teman sajalah yang akan dapat melihat kampanye penggalangan dana tersebut, membuat sumbangan dengan preset atau kustom jumlah, memposting pesan dan membuat kontribusi yang bersifat publik atau private terhadap teman-teman yang dikehendaki saja, seperti postingan di Facebook yang pengguna dapat atur untuk bisa melihatnya. Bahkan jika tidak mau berkontribusi langsung, juga dapat berbagi kampanye dengan orang lain.

Sementara perihal keuntungan yang diperolehnya, pihak Facebook saat ini kabarnya telah mulai mengenakan biaya sebesar 6,9% ditambah biaya transaksi 30 sen standar untuk menutupi proses pembayaran, pemeriksaan, dan keamanan.

Selain pengumpulan dana pribadi, Facebook juga mulaiĀ  menyediakan fasilitas penggalangan dana melalui siaran Facebook secara live. Halaman yang terverifikasi dapat menambahkan tombol donasi ke Siaran Facebook. Ini berarti publik figur, merek, bisnis dan lebih dapat membantu mengumpulkan dana untuk organisasi nirlaba yang mendukungnya secara teratur. Pemirsa akan memiliki pilihan untuk memberikan kontribusi selama siaran atau setelah itu telah berakhir dan video yang diposting di halaman yang sesuai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here