Seperti yang kita ketahui, sosial media terbesar di dunia, Facebook saat ini memiliki tombol like/suka untuk memberikan reaksi kita terhadap kiriman/posting orang lain. Kini mereka memiliki fitur baru yang disebut ‘reaction’ yang didesain sebagai tombol ‘dislike’, kini akhirnya fitur tersebut dirilis secara global.

facebook-reactions

Namun fitur ini belum merata ke semua pengguna, secara bertahap pengguna di seluruh dunia akan dapat menggunakannya. Sebelumnya, Facebook juga telah sempat menguji fitur ini di Irlandia dan Spanyol bulan Oktober tahun lalu. Tombol “reaction” tersebut memungkinkan pengguna memilih tujuh emosi, termasuk marah, sedih, dan wow.

Dalam sebuah video yang ditampilkan di blog resmi Facebook, tampak lima tombol hadir sebagai emoticon animasi yang akan muncul ketika pengguna akan memilih tombol ‘like’, untuk Facebook mobile. Di Facebook untuk desktop, lima emoticon itu akan muncul ketika pengguna mengarahkan kursor mouse di dekat tombol ‘like’.

“Kami memahami ini merupakan perubahan yang besar pada Facebook, dan kami sangat mempertimbangkan untuk merilisnya. Lebih dari setahun yang lalu kami melakukan penelitian dan survei global untuk menentukan tipe reaksi apa yang ingin sering dipakai pengguna,” keterangan resmi Facebook yang dikutip dari blog resminya, Kamis (25/2/2016).

Para pengguna Facebook sendiri sudah lama menantikan Facebook memiliki tombol ‘dislike’, dan hal tersebut telah disampaikan sendiri oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Meski sempat ragu meluncurkan fitur ini, kini akhirnya Mark meluncurkan fitur tersebut, namun ia berpesan bahwa nantinya fitur ini bukan untuk hal yang negatif, melainkan untuk memberikan beberapa pilihan reaksi saat seseorang melihat suatu kiriman di Facebook.

Sebagai contoh ketika teman kita kehilangan pekerjaannya dan menuliskan status, tentu kurang tepat jika kita menekan tombol like untuk menujukkan rasa empati. Dengan adanya tombol ‘reaction’, maka kita dapat menggunakan reaksi sedih, ketika seseorang mendapatkan musibah untuk menunjukkan rasa empati kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here