(kredit: BBC)

Sebagai sosial media terbesar dengan pengguna terbanyak di dunia, Facebook terus menerus menghadirkan inovasi baru agar pengguna tetap nyaman menggunakan sosial media yang memiliki warna khas biru ini. Kini mereka meluncurkan sebuah format baru, yakni menghadirkan pratijau/preview musik selama 30 detik melalui kiriman dari teman.

(kredit: BBC)
(kredit: BBC)

Seperti yang diwartakan BBC Indonesia, Minggu (08/11/2015), raksasa sosial media itu menamai fitur baru tersebut dengan nama Music Stories dan menurut mereka fitur ini bertujuan untuk ‘Menemukan penemuan dan berbagi musik’.

Facebook tidak bekerja sendirian untuk menghadirkan fitur ini, mereka bekerjasama dengan Spotify dan Apple Music untuk menghadirkan preview musik selama 30 detik. Namun tak hanya berbentuk preview saja, pengguna juga dapat membeli serta mengunduh lagu tersebut ke dalam perangkat.

Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat langsung memainkan dan mendengarkan musik langsung dari aplikasi atau laman tanpa harus beralih ke pemutar musik terlebih dahulu. Sudah banyak perusahaan atau startup yang berlomba-lomba menghadirkan fitur serupa, selain itu banyak juga yang menghadirkan fitur pratinjau video atau video view.

Beberapa perusahaan yang telah menghadirkan fitur serupa, diantaranya Vine yang pada bulan Agustus lalu menambahkan fitur Shazam agar pengguna dapat mengetahui musik yang sedang diputar di sana. Selain itu ada juga Instagram dan Twitter yang menghadirkan fitur serupa, namun keduanya tidak sukses dengan layanan itu.

Musik memanglah suatu hal yang sulit dipisahkan dari keseharian manusia, terlebih bagi mereka yang aktif di dunia maya seperti sosial media Facebook. Fitur terbaru Facebook ini, diharapkan dapat diterima hangat oleh para pengguna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here