Facebook menyediakan hadiah besar kepada siapapun yang mampu menyelesaikan permasalahan yang tengah mereka hadapi. Tak tanggung-tanggung, hadiah uang sebesar 15 ribu USD atau setara 197 juta rupiah siap diberikan secara kontan. Sangat menggiurkan bukan?

aplikasi facebook

Namun tentu saja Facebook tak serta merta memberikan hadiah uang ini secara langsung. Untuk bisa memperoleh hadiah uang tersebut, seseorang pun harus bisa mengatasi bug yang ada di sistem milik Facebook. Bug ini ditemukan oleh Anand Prakash dan memungkinkan seorang hacker untuk mengakses akun Facebook orang lain secara langsung.

Dikutip dari Digital Trends, bug ini berkaitan dengan proses reset akun di Facebook. Dalam proses ini, sistem Facebook akan mengirimkan enam digit PIN ke nomor telepon pengguna Facebook yang berfungsi sebagai password sementara. Biasanya, seorang user diberikan 10 – 12 kali percobaan memasukkan PIN.

Namun sayangnya, hal ini ternyata tidak dijumpai pada Facebook beta untuk developer. Dan Prakash menemukan sebuah bug yang memungkinkan Prakash untuk mencoba kombinasi PIN tersebut berulang kali tanpa ada batasan maksimal. Dengan beberapa kali percobaan tersebut, Prakash pun bisa mencoba untuk meng-hack akun siapapun di Facebook.

Hadiah ini memang sengaja diberikan oleh Facebook seperti pada program bounty yang kerap dilakukan oleh berbagai perusahaan teknologi dunia lainnya. Bahkan beberapa waktu lalu, Pentagon juga sempat melakukan upaya serupa, memberikan kesempatan kepada siapapun untuk melakukan penetrasi ke sistem keamanan miliknya. Tentunya, ada pula hadiah uang yang disiapkan seperti halnya kontes yang diadakan oleh Facebook ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here