Google Maps menjadi salah satu aplikasi peta yang paling banyak digunakan di dunia. Tak heran pada saat Apple menggantikan Google Maps dengan Apple Maps, banyak pemilik iPhone yang merasa rugi. Lalu, apa saja yang membuat Google Maps begitu membuat banyak penggunanya tertarik? Berikut ini adalah beberapa fakta terkait Google Maps.

1. Saat ini, dengan menggabungkan antara data satelit, data pemandangan udara dan pemandangan jalanan, Google Maps memiliki data hingga 20 petabytes. Data tersebut setara dengan 21 juta gigabytes atau sekitar 20.500 terabytes.

2. Bergantung dari keberadaan data, Google akan mengunggah update gambar setiap dua minggu. Untuk Street View, Google akan melakukan update secepat mungkin, tidak ada jadwal pasti.

3. Google memiliki teknologi yang akan secara otomatis mengaburkan wajah seseorang untuk melindungi privasi dalam Street View. Selain itu, user juga bisa meminta hal ini kepada Google.

4. Satelit yang digunakan dalam aplikasi Google Maps merupakan aplikasi dari provider pihak ketiga.

5. Google menyediakan beberapa pemandangan di dalam gedung. Layanan ini tersedia di negara Amerika Serikat, Australia, Inggris, Selandia Baru, Perancis, Kanada, Irlandia dan Belanda. Selain itu, ANda juga bisa berjalan-jalan secara virtual ke beberapa landmark terkenal dunia.


6. Saat ini, Google menggunakan kamera yang dilengkapi dengan 15 lensa dan mampu menghasilkan foto dengan resolusi 65 megapiksel untuk Street View. Saat dalam masa eksperimen, Google menggunakan beberapa komputer di belakang van, kamera, laser serta GPS yang ditempatkan pada bagian atas mobil.

7. Untuk wilayah yang tak bisa dijangkau dengan mobil, Google menggunakan beberapa kendaraan alternatif. Di antaranya adalah kendaraan salju, trolley dan lain-lain.

(Via Mashable)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here