Era terminator sepertinya sudah semakin dekat saja. Bukti terbarunya datang dari negara Rusia. Mereka kini tengah mengembangkan sebuah robot humanoid yang memiliki kemampuan mendekati terminator. Bagaimana tidak, robot bernama FEDOR (Final Experimental Demonstration Object Research) tersebut merupakan robot serbabisa. Robot ini memiliki kemampuan menembak dengan kedua tangan, berkendara, menggunakan berbagai jenis perkakas, dan lain-lain.

robot fedor-2

Robot ini memang didesain seperti itu oleh pemerintah Rusia. Terutama, karena mereka ingin menempatkan robot ini sebagai robot di luar angkasa. Menurut rencana, robot ini akan diterbangkan ke angkasa pada tahun 2021 mendatang. Saat ini, pengembangannya masih terus dilakukan oleh Android Technics dan Advanced Research Fund.

robot fedor-3

Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin mengatakan robot ini memang didesain dengan memiliki kecerdasan buatan. Namun, dirinya menyanggah kalau robot yang memiliki tinggi mencapai 6 kaki atau setara 1,8 meter tersebut merupakan sosok terminator di dunia nyata. “Kami tidak tengah mengembangkan terminator, tapi robot pintar yang bisa berguna untuk berbagai keperluan,” ujarnya seperti dikutip dari Independent.

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=HTPIED6jUdU[/embedyt]

Ketakutan publik terhadap robot FEDOR ini memang cukup masuk akal. Terlebih, sebuah video memperlihatkan bagaimana kemampuan menembak yang dimiliki oleh robot canggih tersebut. Video tersebut pun memperlihatkan bagaimana robot ini bisa menembak dengan kedua lengannya. Dalam kesempatan lain, robot ini pun diperlihatkan bisa mengendari mobil, menggunakan berbagai jenis perkakas, bahkan bisa pula dimanfaatkan untuk aktivitas medis.

robot fedor-1

Namun, ada satu hal yang memang sangat mengkhawatirkan dari robot ini. Pihak Rusia menginginkan agar robot ini bakal memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan. Hal itu bisa mereka lakukan dengan kecerdasan buatan yang dimilikinya. Semakin mirip dengan Terminator, kan?

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here