You are currently viewing File Sistem Windows 10 Didesain Microsoft Mempunyai Ukuran lebih Kecil

Para pengguna perangkat mobile dan desktop yang menggunakan OS Windows 10 nanti bakal bisa memperoleh ruang kosong di untuk penyimpanan data yang lebih besar. Hal ini karena Microsoft mendesain agar sistem operasi terbaru miliknya itu dengan ukuran file sistem yang lebih kecil.

Microsoft mengungkapkan kalau mereka mengkompres file sistem yang ada pada sistem operasi tersebut. Dengan adanya kompresi file ini, maka Windows 10 32-bit bakal memperoleh tambahan ruang kosong sebesar 1,5GB. Sementara untuk versi Windows 64-bit, memiliki ruang kosong ekstra sebesar 2,6GB. Konfigurasi ini pun juga turut diberlakukan untuk perangkat mobile, baik tablet ataupun smartphone.

logo windows 10

Sejatinya, teknologi seperti ini sudah digunakan oleh Microsoft pada perangkat Windows 8.1. Hal ini karena mereka telah memperkenalkan utilitas konfigurasi yang mereka sebut dengan nama WIMBOOT pada tahun lalu. Cara kerja WIMBOOT ini pun tak jauh berbeda dengan kompresi file sistem yang diperkenalkan Microsoft di Windows 10 ini.

Dan seperti halnya pada Windows 8.1, tak semua komputer Windows 10 akan hadir dengan kompresi file sistem. Hal ini karena langkah kompresi file sistem tersebut mempunyai dampak buruk terhadap performa. Dengan begitu, kompresi file ini akan berjalan pada perangkat yang mempunyai RAM cukup besar dan prosesor cukup cepat.

via Liliputing

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply