Mozilla memang telah mengumumkan bahwa mereka membuat sistem opeasi mobile sebelumnya bernama Boot To Gecko. Nah kali ini mereka telah mengganti namanya menjadi Firefox Mobile OS yang menggunakan basis teknologi yang sama dengan browser Firefox mereka. Firefox Mobile OS didesain untuk smartphone atau ponsel saja, bukan seperti Chrome OS yang didesain berbasis teknologi Google Chrome tapi diperuntukkan untuk target desktop atau notebook.

Tapi keduanya sama-sama mengedepankan teknologi web HTML 5 sebagai basis dari semua aplikasi yang ada. Jadi para pengembang aplikasi web dapat dengan mudah ikutan mengembangkan aplikasi untuk FireFox OS.

OS ini dibuat berbasis kernel linux dan menggunakan engine rendering Gecko. Hampir semua aplikasi yang ada seperti phone dialer, clock, aplikasi music, semua pada dasarnya adalah web yang dioptimalkan untuk perangkat mobile.

Selain pergantian nama, mereka juga menginformasikan kerjasama dengan Alcatel dan ZTE yang rencananya akan memproduksi perangat pertama dengan OS mereka. Bahkan operator ternama Deutsche Telekom, Etisalat, Smart, Sprint, Telecom Italia, Telefónica dan Telenor juga ikut mendukung. KEmungkinan perangkat pertama Firefox OS akan diluncurkan oleh Telefonica di Brazil pada awal tahun 2013.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here