Perangkat Windows 10 Mobile memang belum banyak beredar dipasaran mengingat Microsoft sendiri belum menggulirkan secara resmi update untuk perangkat lawasnya. Salah satu fitur yang cukup membuat banyak orang penasaran adalah Continuum. Fitur yang mampu menampilkan tampilan layaknya sebuah komputer, bila perangkat Windows 10 Mobile dihubungkan ke monitor di mana teknologi serupa ini juga ditawarkan oleh Ubuntu yang dinamakan Convergence.

Salah satu fitur yang dinanti di Windows 10 Mobile, Continuum
Salah satu fitur yang dinanti di Windows 10 Mobile, Continuum

Namun kita tahu bahwa fitur ini dikatakan hanya dapat dinikmati oleh smartphone papan atas, yang memiliki spesifikasi di atas rata-rata. Sehingga meski telah dapat menjalankan sistem operasi terbaru ini, tidak semua perangkat mampu menjalankan fitur ini. Spesifikasi yang disebutkan salah satunya adalah, smartphone tersebut wajib menggunakan SoC papan atas, seperti Qualcomm Snapdragon 808 dan Snapdragon 810.

Nampaknya, kini akan terdapat satu jajaran prosesor yang sudah mendukung dan dapat menjalankan fitur Continuum tersebut, yaitu SoC dari Qualcomm Snapdragon 617. Dikutip dari Liliputing, Kamis (21/1/2016), dikatakan bahwa Microsoft diam-diam memperbarui perangkat apa saja yang mendukung penggunaan fitur Continuum ini. Pada halaman resmi Microsoft, tertulis bahwa spesifikasi minimal yang diperlukan adalah menggunakan prosesor Qualcomm MS8952, yang mana kode ini merupakan Snapdragon 617.

Kita tahu bahwa Qualcomm Snadpdragon 617 termasuk chipset yang biasanya ditujukan untuk smartphone kelas menengah, yang dibekali dengan prosesor octa core berkecepatan 1,5GHz dan GPU Adreno 405. Rasanya agak tanggung bila adiknya, Snapdragon 615 tidak disertakan pada dukungan fitur Continuum karena chipset ini juga tidak jauh berbeda dengan Snapdragon 617. Untuk lebih jelasnya, berikut spesifikasi yang harus dipenuhi untuk dapat menjalankan fitur Continuum.

Spesifikasi yang diperlukan untuk dapat menjalankan fitur Continuum
Spesifikasi yang diperlukan untuk dapat menjalankan fitur Continuum

Bagi yang belum tahu, untuk dapat menikmati fitur Continuum bisa melalui kabel USB dan secara nirkabel alias wireless melalui koneksi WiFi. Microsoft menyarankan untuk menggunakan perangkat dengan USB tipe C bila ingin menjalankan fitur Continuum melalui kabel.

(ND/Liliputing)

Baca juga: Tablet Ubuntu Mobile ini bisa Jadi Desktop

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here