Tak lebih dari seminggu setelah bergulirnya pembaruan iOS 9.2.1 Beta 2, kini Apple kembali menggulirkan update iOS 9.3. Ya, Apple memangkan angka pada build ini sehingga lebih pendek, hal ini berarti ada penambahan fitur besar di dalamnya.

iOS 9.3

Benar saja, pembaruan kali ini membawa segudang fitur baru. Meski baru tersedia untuk pengembang aplikasi, namun fitur baru yang dibawa iOS 9.3 ini wajib kita simak. Tak hanya itu saja, untuk mendapatkan perhatian dari penggemar Apple, perusahaan telah membuka situs iOS 9.3 Preview untuk mengenalkan fitur-fitur tersebut..

“Rilis terbaru iOS ini menambah berbagai inovasi untuk sistem operasi mobile yang paling canggih di dunia. Ada perbaikan berbagai aplikasi, bersama dengan tambahan baru yang bagus untuk CarPlay. iOS 9.3 bahkan dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang baik. Dan Anda akan menemukan preview dari fitur baru yang akan membuat menggunakan iPad di sekolah lebih mudah dan lebih baik bagi siswa dan admin.”

Pada update iOS 9.3 ini, Apple memberikan banyak pembaruan yang akan mencakup semua kalangan. Mulai dari pengguna perangkat iOS pada umumnya, pengguna mobil dengan sistem CarPlay, pengguna iOS yang aktif olahraga dengan menggunakan Apple Watch serta pelajar dan pengajar yang ada di sekolah. Berikut fitur baru yang dibawa iOS 9.3 Preview.

Night Shift, ini adalah mode deteksi layar di perangkat iOS untuk membuat pengguna lebih nyaman memandang di kegelapan dengan meredam cahaya biru atau blue light. Fitur ini akan memanfaatkan deteksi waktu dan mode geolocation di perangkat iOS. Ketika waktu dan lokasi menyatakan matahari sudah terbenam, maka layar perangkat iPhone atau iPad secara otomatis akan berwarna lebih hangat atau kekuningan karena meredam cahaya biru. Setelah itu akan kembali normal begitu pagi tiba.

ios-9.3-thumb

Notes, Sering mencatat keperluan menggunakan aplikasi Notes di perangkat iOS? Ada kabar baik di update iOS 9.3. Nantinya akan ada mode memberikan kata sandi untuk beberapa catatan rahasia atau privasi yang tidak ingin diketahui orang lain. Ada juga mode sortir catatan berdasarkan waktu terakhir dibuat, terakhir disunting atau mengurutkan berdasarkan abjad.

Notes

News, merupakan kanal berita khas perangkat iOS yang dikenalkan oleh Apple pada iOS 9 ini dibuat lebih cerdas dan tampil lebih personal di iOS 9.3. Akan ada mode “For You” yang memberikan daftar artikel teratas dan artikel pilihan editor, mode memutar video secara langsung, membaca berita pada mode landscape menggunakan iPhone dan masih banyak lagi fitur baru lainnya.

ios-9.3-5

Health, ini adalah aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan data kesehatan dan gerakan pengguna. Di iOS 9.3 yang baru tersedia untuk pengembang aplikasi ini akan tampil daftar dari beberapa aplikasi yang mendukung pada tab Dashboard.

ios-9.3-6

Aplikasi yang mendukung tersebut meliputi Weight, Workouts, dan Sleep. Selain itu, Anda juga kini dapat melihat beragam data dari wearable Apple Watch yang digunakan langsung dari aplikasi Health di iPhone seperti move, exercise, dan lama waktu berdiri atau kegiatan olahraga lainnya.

CarPlay,  aplikasi ini memiliki fitur menghubungkan dashboard mobil dengan perangkat iOS ini akan tampil lebih lengkap. Hal itu berkat dukungan Apple Music yang akan menampilkan mode “For You” dan “New” untuk menemani kegiatan menyetir mobil.

Dashboard IOS

Bagi Anda yang belum mengenali jalanan suatu daerah, fitur Maps dapat membantu Anda untuk melakukan navigasi dan menemukan tempat penting seperti SPBU, restoran terdekat, coffee shop dan beragam hal lainnya.

Education Preview, ini merupakan fitur baru untuk kebutuhan mengajar di sekolah menggunakan perangkat iOS. Pada fitur ini ada mode berbagi iPad untuk kebutuhan beberapa siswa berdasarkan akun. Aplikasi Classroom untuk para pengajar melihat perkembangan belajar siswanya, serta mode mengelola Apple ID. Selain itu, ada juga mode admin di laman baru yaitu Apple School Manager.

Edu iOS

Itulah beberapa fitur baru yang hadir pada iOS 9.3 Preview ini. Namun sayangnya, update ini hanya tersedia untuk para pengembang aplikasi saja, karena ini memang belum versi final dari iOS 9.3. Pengguna umum iOS harus lebih bersabar menunggu versi final dari build ini yang kemungkinan tidak akan lama lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here