Setelah meluncurkan phablet dengan layar super jumbo, yakni Xiaomi Mi Max, perusahaan asal China itu juga memperkenalkan sistem operasi custom berbasis Android, MIUI 8. Pada acara yang digelar di Beijing, Selasa (10/5/2016), Lei Jun telah memperkenalkan semua fitur yang dibawa oleh sistem operasi baru tersebut.

MIUI8

Xiaomi akan meluncurkan MIUI 8 ini di negara China terlebih dahulu. Pendaftaran untuk MIUI 8 beta akan dibuka pada tanggal 16 Mei yang diperuntukan bagi para developer dan kalangan umum yang sudah tidak sabar mencicipinya. Sementara untuk peluncurannya, MIUI 8 beta akan digulirkan tanggal 1 Juni 2016. Setelah itu, diikuti versi khusus developer yang akan meluncur tanggal 17 Juni 2016.

MIUI8 Color

Menariknya, semua perangkat smartphone dari Xiaomi akan mendapatkan OS ini, yang terdiri dari seri Redmi, Redmi Note, dan Mi series. Namun ada satu perangkat yang tak kebagian MIUI 8, yakni Mi 4i. Hal tersebut terjadi karena MIUI 8 baru akan diluncurkan di China, sementara Mi 4i tidak ada di pasaran China karena handset tersebut hanya meluncur di negara India dan Indonesia saja. Namun kemungkinan Mi 4i akan mendapatkan ROM tersebut saat versi global telah dirilis.

MIUi8 Wallpaper carousel

Berikut adalah beberapa fitur terbaru yang terdapat pada MIUI 8 yang telah diperkenalkan oleh Xiaomi kemarin:

  • Dukungan Multi-window: beberapa aplikasi seperti WeChat dan QQ akan mendukung fitur tampilan antarmuka multi-window untuk menggunakan layar yang tersedia.
  • Font baru Xiaomi: Perusahaan telah membuat font China kustom untuk menawarkan cara membaca yang lebih baik. Ini berisi total 27.533 karakter.
  • Wallpaper carousel: aplikasi akan mengirimkan gambar yang indah untuk lockscreen dan homescreen yang berbeda setiap harinya. Pengguna akan dapat memilih dari lebih dari 12 kategori. Menariknya, ketika cuaca berubah maka wallpaper juga akan mengikuti dengan tema yang sama.
  • Galeri baru:¬†Aplikasi galeri pada MIUI 8 telah banyak dirubah dan sekarang mendukung doodle atau corat-coret, filter, stiker, cropping dan kreasi musik video. Mengusap laya dari bawah ke atas memungkinkan pengguna untuk dengan cepat membagikan hasil akhir kepada teman.
  • Notes template, kalkulator baru: aplikasi Notes telah medapatkan template baru yang semakin beragam, sedangkan aplikasi kalkulator sekarang mendukung perhitungan yang lebih kompleks dan konversi.
  • Scanner: aplikasi kamera memiliki fitur scanner baru, yang menghasilkan kode QR WeChat / Alipay. Hal ini memungkinkan Anda untuk memindai produk di toko-toko untuk membeli secara online nanti. Ada juga fitur unik lain, yakni kemampuan untuk memecahkan dan kemudian membagikan soal matematika melalui kode QR yang dapat dihasilkan dengan cepat.
  • Mode hemat daya dan keamanan: MIUI8 mampu mendeteksi berbagai macam penipuan seperti penipuan pesan dan segala aktivitas dari aplikasi yang tidak penting. Akhirnya, mode hemat daya dapat membekukan aktivitas aplikasi di latar belakang dan dapat memisahkan aplikasi sinkronisasi, update dan tugas latar belakang.

MIUI8 GAllery

Meski ROM tersebut sudah diumumkan di negara China, namun belum diketahui kapan Xiaomi akan meliris ROM terbaru itu di negara lain, termasuk Indonesia, mengingat penggemar Xiaomi di Indonesia sendiri juga tidak sedikit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here