kredit: Arstechnica

iOS 9 telah secara resmi diperkenalkan oleh Apple di ajang WWDC 2015. Beberapa fitur baru pun mereka hadirkan untuk sistem operasi mobile ini. Namun jangan salah, tak sepenuhnya fitur-fitur tersebut murni berasal dari Apple. Bahkan beberapa fitur tersebut ternyata sebelumnya sudah terlebih dulu dijumpai di perangkat Android.

Siri vs Google Now

iOS 9 menjanjikan fitur pencarian yang lebih canggih serta kemampuan lebih proaktif. Namun fitur tersebut sebelumnya dapat dijumpai di Google Now. Namun tentunya, desain kedua platform ini mempunyai perbedaan yang sangat mencolok.

kredit: Arstechnica
kredit: Arstechnica

Kesamaan fitur yang dipunyai Siri dan ternyata sudah hadir di Google Now adalah kemampuan untuk menampilkan foto pencarian pada waktu dan tempat tertentu. Google+ Photos yang kini telah berubah nama menjadi Google Photo sudah menggunakan identifikasi lokasi serta waktu seperti ini sejak lama. Bahkan Google Photos mempunyai kemampuan yang lebih spesifik.

Informasi transit transportasi umum

Kalau berbicara tentang yang satu ini, maka Google Map memiliki fitur yang saat ini sudah dipunyai oleh Apple Maps. Terlebih kemampuan untuk menampilkan informasi transit di Apple Maps saat ini hanya terbatas di 18 kota yang mayoritas berada di negara Cina. Bandingkan dengan Google Maps yang memiliki fitur serupa untuk di 800 lebih kota di seluruh dunia! Ditambah lagi, Google Maps mempunyai petunjuk arah serta estimasi waktu perjalanan untuk pesepeda serta pengguna taksi Uber.

kredit: Arstechnica
kredit: Arstechnica
kredit: Arstechnica
kredit: Arstechnica

Namun tak sepenuhnya Apple Maps kalah kalau dibandingkan dengan Google Maps. Aplikasi peta milik Apple tersebut mempunyai nilai plus dengan informasi terkait subway. Informasi seperti ini pun akan sangat penting, terutama di kota besar yang tingkat pemakaian transportasi kereta bawah tanahnya sangat tinggi seperti New York.

Split screen dan Multitasking

Untuk fitur split screen bisa dijumpai sebagai contoh pada perangkat milik Samsung. Tak hanya itu, fitur serupa juga sebelumnya dapat dilihat pada perangkat Windows 8. Sebagai tambahan, fitur floating video player yang kini dihadirkan pada iOS 9 pun sebelumnya telah bisa dijumpai pada perangkat tablet serta smartphone Samsung.

Melihat kondisi seperti itu, nampaknya pencurian fitur dan desain yang dilakukan oleh para perusahaan dunia menjadi hal yang cukup biasa. Di satu sisi, Android mengambil banyak fitur yang sebelumnya ada di iOS. Dan sebaliknya, ada pula beberapa fitur Android yang kini bisa dijumpai pada iOS 9.

Meski begitu, sayangnya dari segi penggunaan iOS memiliki keunggulan yang jauh lebih tinggi dibandingkan Android. Coba lihat saja pada data statistik tingkat adopsi yang terjadi. Sejak peluncurannya, iOS 8 punya tingkat adopsi mencapai 83 persen. Sementara itu Android 5 hanya mencapai tingkat adopsi sebesar 12 persen.

via Arstechnica

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here