(kredit: GSM Arena)

Sebelumnya, telah banyak bermunculan kabar yang mengatakan jika WhatsApp belakangan ini tengah menguji fitur baru. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk melihat video yang dihosting pada platform tertentu menggunakan mode Picture-in-Picture atau PiP seperti yang bisa kita temukan pada aplikasi YouTube mobile.

(kredit: GSM Arena)

Fitur ini tidak tersedia di versi beta Android 2.18.234 tetapi perbaikan telah dilakukan untuk itu dan sekarang fitur ini telah diaktifkan untuk semua pengguna yang menggunakan aplikasi WhatsApp versi beta untuk platform Android. Namun perlu dicatat bahwa fitur ini hanya tersedia pada aplikasi WhatsApp untuk Android beta versi 2.18.301. Tentu bagi Anda yang tidak terdaftar sebagai penguji beta belum bisa menggunakan fitur ini karena mode PiP belum diluncurkan ke versi final.

Bagi Anda yang sudah terdaftar sebagai penguji beta dan ingin mencoba fitur PiP tersebut, Anda hanya perlu memperbarui aplikasi WhatsApp melalui Play Store. Untuk platform yang didukung mode PiP tersebut sejauh ini diketahui mendukung platform populer seperti YouTube, Facebook, dan Instagram.

Fitur ini akan sangat berguna karena platform tersebut banyak digunakan untuk konsumsi video di perangkat seluler.  Sayangnya, Twitter sepertinya tidak didukung karena mengetuk video Twitter dalam obrolan WhatsApp akan meluncurkan aplikasi Twitter atau browser, bukan video dalam mode PiP.

Untuk window PiP sendiri akan hilang jika pengguna beralih ke obrolan lain. Sayangnya, fitur ini belum bisa dinikmati oleh pengguna iOS. Belum diketahui kapan fitur PiP ini akan tersedia untuk aplikasi versi final stabil, namun diperkirakan akan tiba pada beberapa minggu mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here