Di Awal tahun 2016 ini, Sony mengejutkan para penggemar produknya dengan menghentikan peluncuran seri smartphone flagship yang selama ini kita kenal sebagai Z series. Ya, Sony memang menghentikan peluncuran perangkat Xepria Z series dan menggantinya dengan jajaran smartphone Xperia X series.

Sony Xperia X series

Namun ternyata, Sony tak hanya menghentikan peluncuran smartphone baru di lini Xperia Z saja, karena baru-baru ini muncul kabar jika perusahaan asal Jepang itu akan menghentikan peluncuran smartphone baru di dua lini Xperia lainnya. Dua seri smartphone yang akan mengalami pensiun itu adalah Xperia C dan Xperia M.

Jika kabar yang berasal dari Tiongkok itu memang benar, jadi kedepannya Sony akan fokus pada seri smartphone tunggal, yakni Sony Xperia X series saja. Selain itu, rumor yang sebelumnya mengatakan jika Xperia C6 Ultra bakal diganti namanya menjadi Xperia X Ultra, sepertinya kabar tersebut bakal menjadi kenyataan.

Bocoran ini bermula dari tersebarnya slide presentasi dari Tiongkok, yang menunjukkan evolusi Sony di bidang smartphone dari tahun ke tahun yang saat ini mulai memasuki “Chapter 3”. Dimulai dari “Chapter 1” di mana berada pada tahun 2010 – 2012 dimulainya menghadirkan layanan ‘Open OS untuk komunikasi terbuka, alias peluncuran ponsel Android pertama mereka yaitu Xperia X10. “Chapter 2” merupakan periode di tahun 2013 – 2015, di mana mereka fokus untuk ‘menghadirkan perangkat flagship dari Sony,’ yang selama ini dikenal sebagai jajaran Xperia Z series.

Xperia-X-era_4-640x427

Sementara “Chapter 3” merupakan periode yang berlangsung mulai tahun 2016 – 2018 yang ditandai dengan peluncuran Xperia X series yang sengaja dipersiapkan sebagai komunikasi baru. Melunculnya Xperia X sendiri merupakan sebuah identitas visual baru bagi brand Sony. Selain itu, Sony juga bakal rutin menggunakan logo X untuk seluruh iklan di media cetak maupun elektronik.

xperiax_3

Kendati tidak meluncurkan seri Xperia Z bukan berarti Sony tak memiliki perangkat flagship lagi. Sony tetap memiliki perangkat dengan spesifikasi terbaik yang akan tergabung ke dalam satu lini yang disebut Xperia X series, dan ini akan berlaku hingga tahun 2018 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here