Saat ini, format gambar JPEG menjadi jenis file yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Terlebih ukuran filenya juga tak terlalu besar dengan kualitas bagus. Namun dalam beberapa tahun mendatang, JPEG kemungkinan akan tergantikan oleh file dengan format BPG.

BPG yang merupakan kepanjangan dari Better Portable Graphics, diklaim menawarkan gambar dengan kualitas yang tak kalah kalau dibandingkan JPEG. Dan di waktu yang sama, format gambar BPG juga diklaim memiliki ukuran file 50 persen lebih kecil dibandingkan JPEG.

gambar bpg
Format gambar ini merupakan hasil kreasi dari seorang programer bernama Fabrice Bellard. Pria ini diketahui juga merupakan sosok yang menciptakan Ffmpeg, QEMU serta Tiny C Compiler. Dan dalam situs resmi BPG, format gambar buatan Bellard ini diklaim memiliki rasio kompresi yang lebih baik. Sehingga bisa mengurangi ukuran file hingga 50 persen.

Ditambah lagi, Bellard mengatakan kalau menggunakan file gambar dengan format BPG tidaklah sulit. Bahkan dia mengungkapkan kalau semua browser yang ada saat ini bisa mendukung pemakaian gambar tersebut. Cukup hanya dengan bantuan decoder Javascript yang berukuran kecil 55KB.

via Softpedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here