Drone pada umumnya memiliki dimensi yang besar karena jumlah komponen dan bahan yang digunakannya. Sehingga, menjadikan drone rata-rata memiliki berat yang tidak bisa dibilang ringan. Selain itu, dalam membawanya juga memakan ruang yang lumayan. Namun tidak untuk drone yang satu ini.

Kali ini perusahaan robot yang berbasis di Zurich, Swiss, akan menghapus stigma di atas tadi dengan meluncurkan drone mereka yang diklaim ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Drone tersebut diberi nama Fotokite Phi.

fotokitephi

Dilansir dari Robohub, Selasa (25/8/2015), Sergei Lupashin yang merupakan CEO Perspective Robotics dengan produk Photokite-nya mengatakan, dasar pembuatan drone ini adalah, saat dirinya melihat operator drone yang sangat mudah mengendalikan drone tersebut pada unjuk rasa di Rusia pada tahun 2011 lalu.

fotokitephi-2

Drone ini tidak perlu sebuah perangkat radio kontrol, ataupun GPS seperti yang terdapat pada drone umumnya. Untuk menggendalikannya tidak susah, karena drone ini dilengkapi dengan sejenis tali yang dikaitkan pada drone, dan kita cukup memegangnya saja. Untuk pergerakanya, drone ini sudah ditanami sensor, sehingga dapat membaca gestur tangan dan dengan mudah bergerak sesuai dengan perintah gestur tangan penggunanya.

fotokitegesture

Yang menarik lagi adalah, bahwa drone ini dapat dilipat dan dimasukan ke dalam tempat yang berbentuk seperti tabung. Sehingga saat praktis dibawa-bawa karena dengan begitu, drone ini tidak memakan banyak ruang saat disimpan. Selain itu, drone ini juga dinobatkan sebagai drone quad-copter teringan yang mampu disandingkan dengan kamera GoPro.

fotokitephi-0

Untuk bahan yang digunakan pada drone ini berbahan plastik, terutama pada bagian baling-baling. Sehingga aman bagi para pemula yang baru terjun dalam dunia drone.

fotokitespek
Spesifikasi dari Fotokite Phi

Untuk ketersediannya sendiri drone ini masih dalam status pre-order dan akan tersedia pada bulan September mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here