You are currently viewing Foxconn bakal Gunakan 10 Ribu Robot untuk Tingkatkan Kemampuan Produksi Perakitan iPhone

Foxconn yang merupakan partner terbesar Apple untuk merakit iPhone nampaknya mempunyai kesulitan untuk memenuhi permintaan dari Apple. Menurut sebuah kabar terbaru yang dikutip dari GSM Arena, perusahaan asal Taiwan tersebut kini bakal mengikutsertakan keberadaan robot dalam proses produksi iPhone 6. Tak tanggung-tanggung, terdapat 10 ribu robot yang akan mereka gunakan untuk bisa meningkatkan produksi iPhone 6.

Penggunaan robot ini kemungkinan besar akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Terlebih Foxconn yang juga kerap dikenal dengan nama Hon Hai saat ini tengah melakukan pengujian tahap akhir untuk robot-robot tersebut. Jika sudah digunakan, maka menurut rencana, masing-masing robot akan ditugaskan untuk memproduksi sekitar 30 ribu smartphone.

karyawan foxconn

Untuk mengikutsertakan robot dalam proses produksi iPhone, Foxconn pun harus rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Satu unit robot diperkirakan mempunyai harga berkisar antara 20 ribu hingga 25 ribu USD.

Belum ada informasi mengenai dampak negatif penggunaan robot tersebut terhadap pemakaian tenaga kerja manusia. Sebelumnya, Foxconn dikabarkan tengah melakukan proses rekruitmen terhadap 100 ribu karyawan di Cina. Perekrutan besar-besaran itu dilakukan untuk mengantisipasi produksi iPhone 6.

via GSM Arena

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply