Perusahaan teknologi Jepang, Fujitsu memamerkan kreasi terbarunya di ajang Mobile World Congress (MWC) 2014. Kreasi baru tersebut masih berupa prototipe, yakni sebuah sarung tangan pintar yang dilengkapi teknologi augmented reality.

sarung tangan pintar fujitsu

Namun sarung tangan pintar tersebut tak bisa digunakan secara independen. Sarung tangan pintar itu harus digunakan secara bersamaan dengan kacamata yang tersemat kamera di dalamnya. Sarung tangan pintar ini pun benar-benar canggih dan bisa membantu jika digunakan di lingkungan kerja.

Sebagai contoh, jika digunakan di lingkungan pabrik, maka kacamata pada perangkat ini akan mampu menunjukkan lokasi di mana terjadi permasalahan. Tak hanya itu, pada saat sudah berada di lokasi, pengguna pun tinggal menunjuk mesin yang bermasalah dengan tangan yang memakai sarung tangan pintar tersebut. Selanjutnya, kacamata akan menampilkan apa yang salah dan bagaimana cara memperbaikinya.

sarung tangan pintar fujitsu_2

Kasus lainnya, misal pada mengambil kabel dalam posisi tercabut dengan menggunakan sarung tangan pintar tersebut. Maka kacamata akan bisa memberikan saran di mana kabel tersebut seharusnya dicolokkan. Dengan begitu, seorang pemula pun bisa melakukan tugas dengan ringkas.

Namun jangan mengharap teknologi ini bakal hadir dalam waktu dekat. Meskipun begitu, di Jepang, teknologi serupa sudah dipakai. Bedanya, mereka menggunakan tablet untuk mendeteksi masalah dan melakukan maintenance.

via Cnet