Zaman sekarang, industri game menjadi porsi tersendiri yang patut dilirik oleh beberapa negara, seperti Tiongkok, Amerika Serikat, dan Korea. Di Indonesia sendiri industri game, terutama pada turnamen yang diselenggarakan masih terbilang kalah dibandingkan dengan negara lain. Berbeda dengan Korea yang menganggap bahwa industri game dapat memberikan dampak pada negara, hingga didukung oleh pemerintahan.

starcraft-2-gameplay

Namun karena saking seriusnya pemerintah Korea dalam mendukung industri game ini, membuat pemerintah Korea harus menangkap beberapa gamer profesional. Seperti yang dilansir dari GameSpot, Jumat (22/4/2016), dikatakan bahwa belum lama ini ada delapan orang yang ditangkap oleh pihak yang berwajib karena tersandung dengan kasus mengalah pada satu pertandingan StarCraft 2.

Disebutkan bahwa ada satu gamer profesional yang dibayar sebanyak 70 juta Won atau sekitar 807 juta Rupiah untuk mengalah pada satu pertandingan. Diungkapkan juga ada juga pemain lain yang dibayar senilai 35 juta Won atau berkisar 403 juta Rupiah.

Untuk tersangka lain yang ikut ditangkap tidak hanya para pemain yang sengaja mengalah, namun juga para broker yang menengahi transaksi tersebut, yakni sebanyak empat orang. Lalu ada juga empat orang yang menjadi sumber asupan uang tersebut, namun yang sudah tertangkap masih tiga orang saja, satu orang lagi masih dalam status buronan. Bahkan orang yang bertugas sebagai pemasang taruhan juga ikut diciduk oleh pihak kepolisian setempat.

Nampaknya industri game bagi pemerintah Korea sangat berpengaruh ya, sampai-sampai masalah mengalah dalam pertandingan yang bernilai ratusan juta tersebut membuat pemerintah, serta pihak kepolisian setempat turun tangan.

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here