Pemerintah nampaknya menaruh perhatian pada kasus pembelian iPhone namun yang didapat adalah sabun mandi di Lazada. Bahkan Kementerian Komunikasi dan Informatika berencana untuk mengadakan program sertifikasi serta akreditasi yang ditujukan kepada para pelaku toko online.
sertifikasi toko online
Menteri Kominfo Rudiantara mengatakan kalau kasus salah pengiriman iPhone 6 Plus tersebut harus jadi momentum untuk mempercepat pembahasan aturan terkait jual beli online. Dia mengungkapkan kalau sebuah toko online harus mempunyai sertifikasi serta diakreditasi terlebih dulu sebelum menjalankan bisnisnya.

Rudiantara mengatakan kalau pihaknya senang dengan adanya proses akreditasi. Selanjutnya, untuk proses sertifikasi, harus melibatkan pihak industri karena terkait dengan perlindungan konsumen. Dia mengatakan kalau sertifikasi terhadap toko online tersebut bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap aktivitas belanja online.

Sebelumnya, terkait aturan ini juga dikabarkan bakal memberlakukan pajak bagi para pelaku bisnis online. Namun hingga kini pembahasan terkait aturan ini masih dilakukan oleh pihak kementerian.

via Okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here