(Kredit: PCmag)

Memiliki smartphone premium merupakan suatu kebanggan tersendiri karena smartphone tersebut memiliki fitur yang baik dari yang terbaik. Namun apa jadinya jika smartphone flagship yang kita gunakan ternyata memiliki tingkat kemanan yang rendah? Hal inilah yang terhadi terhadap smartphone flagship dari Samsung, yakni Samsung Galaxy S6 Edge.

(Kredit: PCmag)
(Kredit: PCmag)

Para insiyur dari Google telah memperingatkan bahwa Samsung Galaxy S6 Edge memiliki 11 celah keamanan yang cukup serius. Masalah ini karena Samsung memberi kode-kode tambahan, sedangkan sistem operasi Android milik Google sendiri memiliki karakteristik open source yang memungkinkan para vendor mengembangkan sistem operasi tersebut.

Penambahan fitur-fitur oleh para vendor smartphone Android tak selamanya dapat membuat smartphone tersebut menjadi lebih aman dan kaya fitur, seperti contoh pada Galaxy S6 Edge ini yang memiliki masalah pada keamanan karena pihak vendor memberikan kode tambahan. Celah keamanan tersebut dapat disalah gunakan oleh para hacker, seperti untuk mengambil alih email pengguna, mengeksekusi kode di kernel, bahkan dapat menaikkan tingkat privilege sebuah aplikasi.

Pada sebuah tulisan yang dimuat di blog Google Project Zero, kerawanan tersebut diungkapkan oleh salah satu peneliti Google yang bernama Natalie Silvanovich. Ia mengatakan bahwa celah kerawanan tingkat tinggi telah ditemukan dalam perangkat berlayar lengkung tersebut seperti masalah pada wifi, aplikasi klien email Samsung, bahkan ada juga beberapa masalah pada driver dan pemroses parsing gambar.

Google sendiri telah memperingatkan hal tersebut dan Samsung pun segera melakukan tindakan penambalan bug tersebut. Samsung memperbaiki masalah tersebut melalui OTA (Over The Air), namun tidak semua masalah telah teratasi. Masih ada tiga bug yang belum diperbaiki oleh Samsung.

Pihak perusahaan sendiri menyarankan kepada pelanggan yang menggunakan smartphone tersebut agar terus mengecek dan memperbarui software yang digulirkan oleh Samsung melalui OTA, agar semua bug yang ada dapat ditambal. Google sendiri mengapresiasi Samsung karena langsung tanggap dalam memperbaiki masalah tersbut.

(rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here