Pada awal mula kehadiran telepon genggam, pasti kita tidak asing dengan penggunaan tombol dari angka 0 hingga 9, yang juga diikuti dengan tombol bintang dan pagar. Seiring berkembangnya waktu, smartphone akhirnya mengalami perubahan wujud, terutama pada bagian layar, yang menjadi layar sentuh. Sehingga hadirlah keyboard virtual, yang mana peran dari keyboard virtual yang ada pada smartphone saat ini memanglah penting.

Nah masing-masing produsen smartphone saat ini memiliki desain dan fitur yang berbeda-beda, pada keyboard virtual di perangkat smartphone. Seperti yang kita tahu ada Google Keyboard, iOS keyboard, Asus Keyboard, dan masih banyak lainnya.

gboard-0

Kini ada keyboard virtual terbaru dari Google, yakni GBoard, yang dirilis untuk perangkat pesaingnya, iOS. Seperti yang diinformasikan oleh PetaPixel, Jumat (13/5/2016), GBoard ini bakal memudahkan pengguna perangkat iOS dalam berinteraksi. Pasalnya pada keyboard ini dapat melakukan pencarian langsung di internet, sehingga tidak perlu beralih ke aplikasi browser.

Seperti misalnya Anda sedang berkirim pesan dengan kerabat dekat Anda dan ingin bertemu. Anda menyarankan sebuah kafe, namun teman Anda tidak mengetahui tempat tersebut. Akhirnya Anda hanya perlu menekan tombol G yang ada pada pojok kiri atas sisi keyboard, dan mengetikkan alamat kafe tersebut agar teman Anda dapat membukanya pada aplikasi peta.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mencari gambar dan mengirimkannya pada kerabat Anda, baik gambar biasa ataupun gambar yang dapat bergerak dengan format GIF. Sehingga dengan adanya tombol G ini memudahkan pengguna iPhone dalam berkirim pesan dan menjadikannya lebih praktis.

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here