Apple iPhone selama ini dikenal sebagai smartphone yang memiliki grafis baik, dan selama bertahun-tahun perusahaan telah bergantung pada GPU Imagination Technologies PowerVR untuk menangai kebutuhan grafis pada iPhone.

iPhone GPU

Meski belum diketahui apakah ini akan berubah suatu saat nanti, tetapi dengan asumsi bahwa tidak akan berubah, perusahaan baru-baru ini mengumumkan arsitektur GPU baru yang akan membuat iPhone masa depan untuk mendukung grafis 4K.

Bernama PowerVR Furian, ini adalah arsitektur GPU terbaru milik perusahaan, dimana Imagine mengklaim GPU ini akan menawarkan peningkatan 70-90% dalam hal performa real-world gaming. Ini akan mencakup kinerja shader 35% lebih baik, 80% lebih baik untuk fill rate, dan juga diharapkan akan lebih hemat energi yang artinya perangkat apapun yang mengadopsi GPU ini bisa menawarkan ketahanan baterai yang lebih baik dari sebelumnya.

Menurut Imagine, “Kami menciptakan Furian untuk mengatasi aplikasi kelas baru yang muncul, dengan fokus pada skalabilitas efisien yang akan meluas ke beberapa generasi PowerVR IP core. Kami sangat gembira untuk mulai menggulirkan core 8XT IP pertama yang berbasis Furian. Core ini akan lebih memperkuat kepemimpinan PowerVR pada kelas high-end dari kinerja mobile.”

Apple telah menjadi pemegang lisensi dan pemangku kepentingan di Imagination Technologies setidaknya sejak 2008, yang berarti bahwa perusahaan telah mengandalkan teknologi mereka untuk hampir 10 tahun. Tentu Apple tidak akan berpaling ke teknologi GPU lain, mengingat GPU dari Imagine Technologies sangat membantu kinerja dari iPhone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here