Saat ini iOS dan Android menjadi dua platform mobile terpopuler di dunia. Dan setiap tahunnya, penggunaan kedua sistem operasi mobile itu pun terus mengalami peningkatan. Dan hal ini, nampaknya menjadi fenomena yang tak menyenangkan bagi pemerintah Rusia. Terlebih kedua sistem operasi tersebut dibuat oleh perusahaan asal Amerika.

Pemerintah Rusia pun kini berusaha untuk meningkatkan popularitas sistem operasi mobile alternatif selain Android dan iOS. Dan mereka pun berusaha untuk mengajak para developer untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem OS alternatif seperti Tizen, Sailfish ataupun Ubuntu. Bahkan Pemerintah Rusia juga dikabarkan siap dana khusus bagi developer yang berniat untuk meluncurkan aplikasi untuk OS alternatif tersebut.

os sailfish

Menteri Komunikasi Rusia Nikolai Nikiforov bahkan menganggap kalau Android bukanlah sistem operasi yang sepenuhnya open source. Hal tersebut terbukti dengan keharusan produsen smartphone untuk membubuhkan aplikasi Google pada smartphone Android buatannya. Dan di sisi lain, Rusia juga nampaknya ingin menghilangkan ketergantungan terhadap produk-produk dari Amerika Serikat.

via Softpedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here