Lebih dari setahun kehadiran kartu grafis GeForce GTX 1080 berbasis Pascal NVIDIA, pasarannya kemungkinan bakal kembali bergairah seiring dengan munculnya inovasi terbaru yang justru berasal salah mitra setia Nvidia, yaitu Gigabyte yang kabarnya baru-baru ini telah mengumumkan langkah yang benar-benar menarik terhadap keberadaan kartu grafis paling populer tersebut dengan meletakkan semua kekuatan pemrosesan grafis 4K-nya ke dalam suatu form factor yang sangat kecil.

Diklaim sebagai kartu grafis terkecil sejagat, Gigabyte GeForce GTX 1080 Mini ITX 8G ini sanggup menjejalkan semua keganasan dari standar GeForce GTX 1080 (yang aslinya memiliki panjang 26,7 cm) ke dalam ukuran kartu garfis super imut yang kini memiliki panjang hanya 16,9 cm saja. Pengurangan ukurannya untungnya tidak serta merta datang dengan penurunan kinerjanya. Meskipun memiliki ukuran yang terbilang kecil, namun pada dasarnya kartu grafis Gigabyte GeForce GTX 1080 Mini ITX 8G ini mengusung base-clock 1607MHz dan boost-clock 1733MHz pada Gaming Mode, yang kemudian dapat meningkat signifikan menjadi base-clock 1632MHz dan boost-clock 1771MHz pada OC Mode.

Untuk solusi pendinginan jitunya sendiri, Gigabyte kabarnya sampai harus menempatkan sistem yang dirancang khusus untuk menampilkan tiga pipa tembaga komposit tembaga murni dan kipas 90mm (dengan teknologi 3D Active). Sedangkan desain kompak yang dihadirkan tentunya akan dapat membantu untuk secara efektif mengusir udara panas dan memastikan kalau sesi permainan game yang ada dapat terus berlanjut tanpa hambatan berarti dalam batasan ketat sebuah casis.

Tak hanya itu saja, seperti yang telah diperkirakan sebelumnya dengan kartu grafis Gigabyte tersebut, Anda akan menemukan AORUS Graphics Engine yang memiliki konsep one-click overclocking dari antarmuka yang mudah digunakan.

Sementara terkait harga dan ketersediaan sendiri, sayangnya masih belum diumumkan oleh Gigabyte sejauh ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here