Sudah sekitar satu bulan lamanya semenjak Nvidia memperkenalkan VGA card GeForce GTX 1070¬†yang menggunakan GPU Pascal. Dengan performa yang ditujukan untuk gamer yang mengusung layar beresolusi Quad HD alias 2560×1440, GeForce GTX 1070 mampu menyuguhkan kualitas grafis yang maksimal.

Tidak berselang lama, banyak bermunculan GeForce GTX 1070 yang mana telah dimodifikasi baik dari sisi desain dan performanya, oleh pihak ketiga. Seperti salah satunya adalah Gigabyte yang kali ini memperkenalkan GeForce GTX 1070 dengan ukuran yang tidak biasa. Seperti yang dilansir dari Hexus, Sabtu (2/7/2016), Gigabyte merilis versi mini dari GeForce GTX 1070, dengan embel-embel nama Mini ITX OC.

gtx-1070-mini-itx-0

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa penggunaan VGA card ini ditujukan kepada gamer yang memiliki casing yang terbatas atau kecil, dengan mengusung motherboard dengan jenis ITX. Namun meski memiliki bentuk yang kecil daripada varian GeForce GTX 1070 yang ada di pasaran, VGA card ini sudah dalam keadaan ter-overclock oleh pihak Gigabyte dan lebih kencang daripada versi Founders Edition yang diusung oleh Nvidia.

Seperti base clock sebesar 1556MHz dan boost clock sebesar 1746MHz pada OC mode. Sedangkan pada gaming mode, clock dari VGA card ini sedikit lebih rendah, yakni 1531MHz untuk base clock dan 1721MHz untuk boost clock-nya.

gtx-1070-mini-itx-1

Menggunakan pendingin dari Gigabyte sendiri, VGA card ini dibekali dengan sebuah heat sink yang terdapat tiga buah heat pipe berbahan tembaga, yang kabarnya mampu membuang panas secara maksimal. Selain itu juga Gigbyte menggunakan kipas berukuran 90 mm buatan mereka sendiri, yang memiliki fitur semi pasif alias tidak berputar bila dalam posisi idle. Serta tidak ketinggalan VGA card ini menggunakan power sebanyak 8 pin untuk asupan dayanya.

Bagi yang bertanya harga Gigabyte GeForce GTX 1070 Mini ITX OC ini, hingga sekarang sayangnya pihak Gigabyte belum memberikan keterangan pasti. Bahkan ketersediaannya di pasaran juga masih belum diketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here