Cara Mudah Menggunakan Google Meet di Hp dan Laptop

Cara Mudah Menggunakan Google Meet di Hp dan Laptop

BeritaTeknologi.com – Terlambat menghadiri rapat Google Meet dan tidak tahu dari mana harus bergabung ke sesi tersebut? Jangan khawatir! Kami akan membantu Anda. Ada banyak cara peserta dapat bergabung dengan sesi GMeet melalui perangkat seluler dan laptop mereka. Apa pun proses yang Anda pilih untuk bergabung dalam rapat, cukup sederhana selama Anda tahu apa yang dilakukan!

Baca artikel ini untuk mengetahui cara pakai Google Meet dan bergabung di sebuah rapat melalui situs Google Meet, Google Kalender, dan banyak fitur lainnya!

Bagaimana Cara Bergabung Google Meet dari Web GMeet?

Tahukah Anda bahwa Anda dapat bergabung ke sesi Google Meet langsung dari situs web! Meskipun banyak yang menyarankan agar Anda harus menjadi anggota G Suite terlebih dahulu untuk mengaksesnya. Namun, sebenarnya Anda tidak perlu menjadi anggota, yang harus dilakukan adalah memastikan sudah memiliki akun Gmail aktif dan kemudian membuka situs Google Meet.

Setelah Anda membuka situs tersebut di laptop atau desktop Anda, yang perlu dilakukan hanyalah menyalin kode atau tautan rapat yang telah dikirimkan kepada Anda oleh host meeting dan menempelkannya teks “Enter a code or link” ke dalam kotak.

Kemudian, klik tombol “Bergabung” atau “Join” dan Anda akan diarahkan ke halaman bergabung konferensi.

Dari sini, klik tombol “Join” sekali lagi dan peserta akan bergabung ke rapat secara otomatis.

Bagaimana Cara Bergabung Google Meet dari Gmail?

Sama seperti pelanggan non-G Suite dapat bergabung dengan GMeet dengan kode atau tautan melalui situs Meet. Mereka juga dapat bergabung melalui Gmail. Bergabung dengan rapat GMeet melalui akun Gmail sangatlah mudah. Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini.

Pertama, buka situs Gmail dan masuk ke akun Gmail Anda. Setelah selesai melakukannya, di dekat sisi kiri bawah layar, Anda akan melihat dua opsi; “Mulai rapat” dan “Gabung rapat”. Untuk bergabung dalam rapat melalui tautan atau kode konferensi, klik “Gabung rapat”.

Setelah mengklik tombol “Bergabung dengan rapat”, munculan akan muncul di layar yang meminta kode rapat. Di sini, masukkan kode rapat yang diberikan kepada Anda dan klik “Bergabung”.

Pengguna akan dialihkan ke layar bergabung utama GMeet, di mana mereka harus mengklik “Bergabung” lagi untuk masuk ke ruang meeting.

Bagaimana Cara Bergabung Google Meet yang Terjadwal?

Google memanfaatkan proses yang sangat terpusat, semua aplikasi Dan fungsinya terintegrasi. Maka dari itu, para pengguna dapat bergabung ke dalam sebuat Google Meet Conference hanya dari kalender yang tersedia di akun Gmail. Hal ini, seorang host harus terlebih dahulu membuat jadwal dan bagi peserta yang ingin bergabung juga harus menjadi tamu dalam event tersebut. Jika merasa cocok dengan kriteria ini, bukalah Google Calender kalian untuk join dengan rapat Gmeet tersebut.

Secara otomatis. Kalender Google terbuka ke hari ini, sehingga semua event Anda dari hari ini hingga saat itu akan terlihat di layar komputer Anda, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Dari event tersebut, klik acara yang ingin Anda ikuti dan pop-up akan muncul.

Pada pop-up, pengguna dapat melihat tombol bertuliskan “Jpin with Google Meet”, klik tombol tersebut dan Anda akan secara otomatis dialihkan ke halaman Join GMeet (Google Meet).

Setelah mendarat di halaman jpin, klik “Bergabung” dan Anda akan menjadi bagian dari sesi Meet yang ingin Anda ikuti.

Bagaimana Cara Bergabung ke Sebuah Rapat Hanya Dari Tautan?

Apakah seseirang mengirim tautan alih-alih sebuah kode, untuk mengundang Anda hadir dalam rapat GMeet? Tenang saja, dengan tautan tersebut Anda tetap bisa hadir. Prosesnya masih terbilang mudah dan mirip dengan cara menggunakan code Google Meet.

Bergabung Melalui URL Bar

Cara paling mudah dan cepat menggunakan tautan atau url adalah menempelkannya di menu bar di laptop atau desktop Anda.

Untuk menghadiri meeting, Anda cukup klik url tersebut dan secara otomatis langsung tertuju pada halaman utama Google Meet.

Sesuai kebutuhan rapat, Anda dapat memilih opsi untuk mematikan mikrofon atau mematikan kamera. Bahkan menggunakan GMeet, Anda bisa share screen.

Ikut Rapat Dengan Tautan Melalui Web Google Meet

Cara lain di mana individu dapat bergabung dengan Google Meet menggunakan tautan adalah melalui website Google Meet. Pertama, Anda harus membuka situs web Google Meet.

Setelah membuka situs web, temukan kotak teks yang bertuliskan “Masukkan tautan atau kode”, tempel tautan di sana dan klik “Gabung”.

Setelah selesai, peserta akan dialihkan ke halaman bergabung utama Google Meet dari situ Anda dapat melanjutkan ke sesi rapat.

Ikut Rapat Dengan Tautan Melalui Kalender Google

Jika dua metode pertama tidak berhasil untuk Anda, Anda juga dapat bergabung dalam rapat Gmeet menggunakan Kalender Google. Ingat, untuk menggunakan pilihan ini, seseorang harus memiliki pertemuan yang telah dijadwalkan sebelumnya dan mereka harus diundang oleh host.

Pilihlah opsi Kalender Google dan Anda akan menemukan semua event untuk hari tertentu ditampilkan di layar Anda.

Klik acara yang telah dijadwalkan untuk rapat yang ingin Anda ikuti dan popup akan muncul di layar Anda seperti yang terlampir di bawah ini.

Pada popup Anda dapat melihat tombol yang mengatakan “Bergabung dengan Google Meet” dan tepat di bawahnya, Anda juga dapat menemukan tautan ke sesi Meet.

Salin tautan dari sana dan tempelkan ke bilah URL. Tekan enter dan Anda akan dialihkan ke halaman utama bergabung dengan GMeet.

Klik “Gabung” dan Tadaaaa! Anda akan memasuki rapat tersebut.

Bagaimana Cara Bergabung dengan Google Meet Di Hape?

Ada kalanya Anda tidak membawa laptop, saat itulah orang lebih suka menggunakan Google Meet di perangkat seluler mereka. Dalam skenario seperti ini, bergabung ke GMeet melalui telepon masih dimungkinkan melalui tautan dan kode.

Buka aplikasi Google Meet di hape Anda, baik itu di Android dan juga iOS. Setelah membuka aplikasi, klik tombol “Bergabung dengan kode” yang ditampilkan di layar Anda.

Setelah mengklik tombol ini, Google Meet akan meminta kode rapat. Tempel kode di sini dan klik “Join”.

Bagaimana Cara Bergabung dengan Gmeet (Google Meet) Tanpa Akun Google?

Ada kesalahpahaman umum di antara banyak pengguna Google Meet bahwa individu tanpa Akun Google tidak dapat bergabung dalam meeting GMeet. Ya, tidak semua orang memiliki Akun Google, tetapi mereka tetap dapat bergabung! Namun, ada beberapa faktor yang harus mereka ketahui.

Untuk bergabung ke Gmeet tanpa Akun Google, pengguna harus mendapatkan link atau kode konferensi dari penyelenggara. Anda tidak dapat membuat rapat sendiri. Selain itu, personal yang ingin masuk ke dalam rapat tanpa Akun Google harus menyadari bahwa mereka hanya dapat menggunakan versi desktop saja, Anda tidak dapat menggunakannya melalui smartphone.

Langkah-langkah yang harus diikuti untuk Bergabung dengan Google Meet Tanpa Akun Google akan kami uraikan di bawah ini.

Anda harus menerima kode/url join dari penyelenggara rapat. Setelah mereka menerima kode, individu tersebut harus menuju ke situs web Google Meet. Setelah mendarat di situs web, mereka harus menemukan kotak “Masukkan kode atau tautan” yang terletak di dekat bagian bawah layar.

Di sini mereka harus menempelkan tautan/kode rapat dan mengklik “Gabung”.

Setelah melakukannya, Google Meet akan menanyakan nama Anda. Setelah memasukkan nama, klik tombol “Ask to join”.

Setelah Anda melakukannya, tuan rumah akan menerima pemberitahuan bahwa Anda meminta untuk bergabung dengan sesi mereka. Jika mereka mengakui entri Anda, Anda akan memasuki sarapt tersebut.

Apakah Anda Siap Bergabung dengan Google Meet Melalui Tautan atau Kode?

GMeet telah mempermudah semua orang untuk menjadi bagian dari video conferences mereka. Ada banyak opsi yang tersedia bagi individu untuk bergabung dengan sesi Google Meet.

Mereka dapat bergabung ke rapat di ponsel atau laptop melalui situs web Google Meet, aplikasi, Gmail, serta Google Kalender mereka. Semua opsi yang disebutkan di atas sangat fungsional dan mudah digunakan. Cukup ikuti beberapa langkah dan Anda dapat bergabung dengan GMeet dengan cepat hanya dengan menekan satu tombol.

Share This Post