Perusahaan search engine terbesar dunia, Google sebentar lagi akan secara resmi menutup salah satu layanan miliknya. Layanan yang akan ditutup tersebut adalah Google Latitude yang merupakan sebuah aplikasi sharing lokasi.

Penutupan tersebut dilakukan setelah perusahaan yang berbasis di Mountain View melakukan perubahan besar-besaran pada Google Maps. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki popularitas yang sangat rendah. Tingkat pemakaian Google Latitude jauh di bawah aplikasi lainnya seperti Foursquare ataupun Facebook. Tak hanya itu, Latitude juga kalah populer dibandingkan layanan sharing lokasi yang dipunyai oleh Google+.

Google Latitude sendiri adalah sebuah aplikasi sharing lokasi yang terintegrasi pada GOogle Maps. Fitur ini memungkinkan untuk tracking lokasi secara otomatis, cek in di sebuah tempat secara otomatis ataupun juga bisa diset secara manual.

Dalam update Google Maps terbaru di Android, fitur ini sudah tidak ditemukan lagi. Selian itu, pihak GOogle juga telah menghapus keberadaan aplikasi Google Latitude yang ada di iOS serta telah resmi memensiunkan API Latitude. Jadi aplikasi pihak ketiga yang menggunakan API tersebut akan tidak bisa bekerja, kecuali menggunakan sharing lokasi milik Google+.

via Phonearena

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here