Tahun lalu Google telah memperkenalkan asisten digital berbasis kecerdasan buatan yang bernama Google Assistant. Asisten digital cerdas itu hadir pertama kali pada perangkat Google Pixel dan Pixel XL yang sudah menjalankan OS Android 7.0 Nougat. Ya, asisten digital tersebut memang awalnya hadir secara ekslusif untuk perangkat Pixel yang sudah menjalankan OS Android terbaru.

google-assistant-on-marshmallow

Namun perusahaan telah mengkonfirmasi beberapa hari lalu bahwa mereka akan segera merilis Google Assistant untuk perangkat Android 6.0 Marshmallow dan hal itu telah diwujudkan oleh perusahaan. Google Assistant sekarang sudah diluncurkan untuk perangkat yang masih menjalankan OS Android 6.0 Marshmallow.

Google juga menegaskan selama pengumuman di ajang Mobile World Congress 2017, bahwa mereka akan merilis Google Asisten untuk perangkat lain dari pihak ketiga yang menjalankan OS Android 7.0 Nougat. Jelas, dengan peluncuran ini menandakan bahwa perangkat lain non-Pixel yang menjalankan Android Marshmallow atau Nougat bisa menjalankan layanan Google Assistant.

Google Assistant sekarang sedang diluncurkan untuk pengguna bahasa Inggris di Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Inggris. Asisten digital ini juga akan diluncurkan untuk pengguna yang berbahasa Jerman di negara Jerman.

Raksasa mesin pencari Google telah berjanji akan terus menambahkan lebih banyak bahasa sepanjang tahun. Bahkan perusahaan telah membukukan iklan baru di YouTube untuk mengkonfirmasi bahwa Google Assistant telah bergulir sekarang.

Menariknya, Anda tidak perlu melakukan tindakan apapun untuk mendapatkannya di ponsel Anda jika Anda berada di wilayah yang didukung layanan tersebut. Google telah menjelaskan bahwa Google Assistant “akan secara otomatis datang ke ponsel Android yang layak dan sudah menjalankan OS Android Nougat dan Marshmallow dengan Google Play.”

https://youtu.be/W_BeK48-Bzc

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here