Smartphone saat ini bukan hanya digunakan untuk bertelepon, SMS ataupun chatting dan browsing. Perangkat ini juga memiliki kemampuan lainnya, seperti dipakai untuk kegiatan kantor dan yang tak terlupa adalah fotografi. Terlebih kualitas gambar yang dihadirkan oleh smartphone saat ini cukup bagus.

Dan untuk menunjang penggunaannya sebagai alat fotografi, Google bakal memberikan support terhadap file gambar RAW di Android. Dengan begitu, para pengguna smartphone Android pun mempunyai keleluasaan lebih ketika melakukan editing gambar.

Pihak Google pun saat ini tengah mengerjakan sebuah API camera baru yang ditujukan untuk ROM stock Android. Terdapat beberapa fitur baru yang dimiliki oleh API tersebut, salah satunya adalah dukungan terhadap file RAW. Developer aplikasi, Josh Brown seperti dikutip dari Pocket-lint mengungkapkan bahwa keberadaan API kamera tersebut memungkinkan pengguna smartphone untuk menyimpan gambar uncompressed.

API tersebut juga bakal memberikan dukungan face detection serta removable atau kamera modular. Jadi, pihak Google bakal memberikan dukungan untuk pengembangan perangkat seperti Sony QX10 dan QX100.

Dukungan gambar RAW untuk smartphone yang diinginkan Google ini bukanlah menjadi yang pertama. Sebelumnya, Nokia sudah mengumumkan bahwa mereka telah memberikan dukungan file RAW dengan format DNG untuk dua smartphone terbarunya, yakni Lumia 1520 dan 1020.

via Pocket-lint

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here