Ketika mengembangkan AR (augmented reality), Google mendirikan Project Tango pada tahun 2014 lalu yang bertujuan membawa teknologi tersebut ke smartphone. Sebenarnya pengembangan teknologi AR oleh Google tidak menemui kendala yang berarti, namun karena tidak pernah mendapatkan popularitas, akhirnya Google memutuskan untuk mengakhiri Project Tango pada tanggal 1 Maret 2018.

Namun itu bukan akhir dari semuanya karena Google akan menggantinya dengan ARCore, yang merupakan sistem AR terbaru oleh Google. Sistem baru ini diperkenalkan oleh perusahaan pada bulan Agustus lalu dan diharapkan bisa mendapatkan popularitas.

Project Tango sendiri adalah pendekatan yang bergantung pada hardware, sehingga smartphone yang menggunakan basis Project Tango seperti Asus Zenfone AR dan Lenovo Phab 2 Pro harus memiliki sensor khusus untuk mendukung AR. Sementara Apple berhasil membawa AR ke iPhone tanpa harus menambahkan hardware khusus, dimana Apple membawa solusi software untuk AR dan ARkit-nya telah mengubah iOS menjadi platform AR yang hebat.

Melalui akun Twitter resmi yang menangani Project Tango, Google telah mengkonfirmasi bahwa Google melanjutkan pengembangan AR dengan ARCore serta menarik website Project Tango. Google telah memperkenalkan sistem ARCore dengan memperkenalkan stiker AR untuk smartphone Pixel dan Pixel 2. Tentunya diharapkan bahwa platform ini bisa menerima implementasi OS-wide dalam waktu dekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here