Ilustrasi Google VR (Kredit: nerdist)

Pada bulan Januari lalu, raksasa mesin pencari Google dikabarkan sedang mempersiapkan headset Virtual Reality (VR) miliknya. Kini tepat dua minggun setelah rumor tersebut beredar, muncul pernyataan yang memastikan hal itu, laporan terbaru juga mengungkap jadwal peluncuran headset VR Google.

Ilustrasi Google VR (Kredit: nerdist)
Ilustrasi Google VR (Kredit: nerdist)

Mengutip laporan dari Mashable, Selasa (9/2/2016), headset VR milik Google akan memulai debutmya pada tahun ini, namun untuk tanggal pastinya belum diketahui. Beberapa bulan yang lalu, Samsung juga telah meluncurkan perangkat VR miliknya, dan headset VR Google ini digadang-gadang akan menjadi penantang berat Samsung Gear VR.

Sama seperti headset Samsung Gear VR, untuk mengoperasikan headset VR Google ini, diperlukan pairing dengan smartphone yang spesifikasinya telah memenuhi untuk memainkan VR. Selain itu, laporan tersebut juga mengklaim, bahwa Google juga akan merilis software baru Android VR bersamaan pada saat peluncuran headset.

Google dikatakan akan berkerja untuk meningkatkan pengalaman VR dengan membuat software VR tertanam pada sistem operasi Android. Berbeda dengan Samsung Gear VR yang hanya ditujukan khusus untuk perangkat Galaxy milik Samsung, headset VR Google akan menjangkau perangkat yang lebih luas lagi, sehingga pengguna dapat menggunakan smartphone sebagai media hiburan yang berkelas.

Kendati demikian, Google belum memberikan pernyataan secara resmi tentang headset VR miliknya. Namun jika perangkat itu tak kunjung diumumkan, sangat kuat dugaan jika Google akan memperkenalkan headset tersebut pada acara konferensi Google I/O, yang dimulai pada 18 Mei 2016.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here