Play Store adalah gudangnya jutaan aplikasi Android, dimana Anda bisa mendapatkan berbagai macam jenis aplikasi termasuk aplikasi sub standar. Namun Google kini telah mengambil langkah-langkah nyata untuk menghidarkan Play Store dijejali aplikasi berbaya atau spam. Saat ini di Play Store masih dijumpai banyak aplikasi dengan performa buruk, dan untuk mengatasi hal tersebut Play Store secara otomatis akan downrank aplikasi dengan performa buruk.

Menurut Google, mereka telah menggabungkan sinyal kualitas aplikasi yang baik dalam algoritma peringkat miliknya. Tentu ini berarti akan semakin kecil kesempatan bagi aplikasi berbayar atau premium yang memiliki rating rendah untuk naik ke peringkat teratas.

Sinyal kualitas aplikasi juga akan digunakan untuk menentukan peringkat aplikasi di fitur pencarian sehingga ketika pengguna mencari aplikasi tertentu, aplikasi dengan performa yang buruk akan berada di peringkat yang lebih rendah dalam hasil pencarian. Dengan begitu, para pengembang yang memiliki aplikasi berperforma rendah di Play Store harus lebih giat mengembangkan aplikasi miliknya agar bisa naik di jajaran teratas.

Jika sebuah aplikasi memiliki performa yang baik, tentu mereka akan berada di jajaran yang lebih tinggi dalam peringkat serta muncul di bagian atas hasil pencarian, sehingga akan mendapatkan lebih banyak pengguna. Sayangnya Google belum mengungkapkan rincian algoritma baru miliknya secara lebih mendalam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here