Wah, bakal seru saja nih perseteruan Google dan Microsoft untuk merajai bisnis platform mobile. Pasalnya baru-baru ini telah berhembus kabar kalau Google disinyalir telah secara sengaja menghalang-halangi smartphone berbasis Windows Phone besutan Microsoft untuk mengakses fungsionalitas dan layanan tertentu dari YouTube yang notabene kini telah resmi dimiliki Google setelah diakuisisi beberapa waktu yang lalu.

Keluhan keberatan raksasa piranti lunak yang berbasis di Redmond ini secara resmi telah disampaikan kepada European Commission. Dalam keluhannya tersebut, pihak Microsoft memprotes Google telah menghambat persaingan dalam hal-hal tertentu, termasuk salah satunya pada sektor bisnis platfom dan perangkat mobile yang menjadi perhatian.

Dalam postingan blog terbarunya, Brad Smith yang menjabat sebagai Senior Vice President & General Counsel di Microsoft Corporation menjelaskan bagaimana Google telah memblokir perangkat WP7 untuk bisa mengakses YouTube sebagaimana mestinya.

“Pada tahun 2010 dan yang baru-baru ini terjadi, Google telah memblokir Microsoft Windows Phone terbaru untuk mengakses YouTube”, jelas Brad Smith.

“Google telah membiarkan ponsel yang berbasis Android besutannya sendiri untuk mengakses YouTube sehingga pengguna dapat mencari kategori video, menemukan favorit, melihat peringkat, dan sebagainya dalam berbagai antarmuka pengguna yang  ditawarkan oleh ponsel-ponsel yang berbasis platformnya tersebut”.

Dengan kata lain atau lebih tepatnya, perangkat-perangkat yang berbasis Windows Phone besutan Microsoft pada kenyataannya tidak dapat mengakses metadata YouTube dengan cara serupa seperti halnya perangkat-perangkat yang didukung oleh sistem operasi Google Andorid yang mampu melakukannya dengan mudah.

Hal ini secara signifikan akan membatasi fitur yang tersedia bagi pengguna Windows Phone 7 ketika mengakses YouTube lebih jauh lagi, sementara keterbatasan akses terjadi pada layanan atau aplikasi apapun yang berbasis layanan tersebut.

Microsoft mengklaim bahwasanya sejauh ini kemampuan Windows Phone 7 berkaitan dengan YouTube plugin yang tersedia di Marketplace pada kenyataannya terbilang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan apa yang dapat dilakukan oleh Android ataupun iPhone.

“Sebagai dampaknya, aplikasi Youtube pada Microsoft Windows Phones pada dasarnya hanyalah sebuah browser yang menampilkan situs mobile web YouTube, tanpa berbagai fungsionalitas yang  ditawarkan pada ponsel pesaing”, lanjut Brad Smith.

“Microsoft siap untuk merilis aplikasi YouTube berkualitas tinggi untuk Windows Phone. Kita hanya memerlukan izin untuk mengakses YouTube dengan cara yang ponsel lain sudah lakukan, dan sejauh ini Google telah menolak untuk memberikan izin tersebut”

Menurut Microsoft, hal ini merupakan hanya salah satu dari beberapa contoh yang mengungkapkan kalau Google telah menghambat persaingan selama ini dan ironinya Google juga melakukan hal yang serupa di wilayah lainnya.

5 COMMENTS

  1. bagusss… blokir aja… klu microsoft kan paling suka klaim paten ujung2minta bagian ke produsen android … google jg minta kompensasi donk atas smua paten linuxnya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here