Meskipun sejauh ini Google Translate telah mendukung setidaknya 71 bahasa, namun tak tertutup kemungkinan ke depannya akan terus bertambah.

Kualitas terjemahannya pun terbilang sangat beragam, mulai dari yang formal hingga tidak formal sehingga arti bahasanya pun terkesan agak lebih kasar. Namun begitu, hal itu masih jauh lebih baik ketimbang alternatif yang tidak menyertakan terjemahan sama sekali dalam kebanyakan kasus.

Menyadari kinerja tim Translate saat ini masih jauh dari memuaskan, maka ke depannya perlu adanya tambahan dukungan bahasa yang lebih banyak lagi dan memperluas penggunaan tool translate ini ke lebih banyak orang. Namun masalahnya, Google Translate sendiri saat ini membutuhkan data yang lebih banyak untuk terjemahan dalam bentuk terjemahan teks sebanyak mungkin.

Sementara untuk bahasa yang jarang diucapkan atau paling tidak belum terwakili secara online, Google sangat membutuhkan bantuan dari orang-orang yang memang ahlinya atau bisa berbicara dengan menggunakan bahasa yang dimaksud.

Setidaknya saat ini ada beberapa bahasa Afrika seperti Somalia, Zulu, Hausa, Yoruba, dan Igbo yang masih belum ada terjemahan Google Translate-nya. Dalam hal ini Google masih mengalami kesulitan dan perlu bantuan untuk menterjemahkannya sekaligus mengetahui kualitas sistem saat ini dengan harapan untuk bisa memperbaikinya. Hm, berminatkah Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here